Penguatan Pendidikan dan Budaya Literasi di Masa Pandemi Covid-19 Melalui WorkshopBimtek PLP Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Irman Syarif
Elihami Elihami
Gusniyati Buhari
Ita Sarmita Samad
Sry Wahyuni R,

Abstract

Akumulasi pencapaian pendidikan merupakan hal mendasar dalam perkembangan intelektual untuk memastikan kualitas pendidikan.literasi menjadi salah satu prioritas perkembangan pendidikan yang memiliki hubungan vertical terhadap kualitas bangsa. Tingginya minat membaca dan menulis seseorang berpengaruhterhadap wawasan pengetahuan, mental, dan karakter. Workshop bimtek penguatan pendidikan dan budaya literasi di masa Pandemi Covid 19 yang ditujukan oleh mahasiswa FKIP UNIMEN bertujuan untuk membekali mahasiswa dalam menanamkan budaya literasi melalui program PLP. Metode yang digunakan dalam pengabdian ini adalah metodecampuranseperti penyampaian materi dalam bentuk wokshop, dokumentasi dan angket (google form)yang telah disusun oleh timpelaksana pengabdi 1 minggu sebelum pelaksanan kegiatan. Hasil kegiatan menunjukkan pemahaman mahasiswa pada workshop tersebut mampu di implementasikan dengan baik dalam Praktek Lapangan Persekolahan secara maksimal , mulai dari kegiatan mengamati kultur sekolah, mengamati struktur organisasi dan tata kelolah sekolah, mengamati pengelolahan pendidikan, mengamati dan menyimpulkan peraturan dan tata tertib sekolah, mengamati kegiatan-kegiatan ceremonial sekolah, mengamati serta menyimpulkan kegiatan intrakulikuler dan ekstrakulikuler, mengamati dan menyimpulkan praktik-praktik pembiasaan/kebiasaan positif di sekolah.


 

Article Details

How to Cite
Syarif, I., Elihami, E., Buhari, G., Samad, I., & R, S. W. (2021). Penguatan Pendidikan dan Budaya Literasi di Masa Pandemi Covid-19 Melalui WorkshopBimtek PLP Mahasiswa FKIP Universitas Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 61-68. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/1712
Section
Articles

References

Afria, R. (2021). Penguatan Kemampuan Literasi Pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Budaya Universitas Jambi. Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 2(1), 8.
Elihami E,& Syarif I. (2017). Leadership Management And Education Planning: Developing The Entrepreneurship Training Of Islamic Education. Proceeding of The 2nd International Conference on Education (ICE), 1, 1.
Ibda, H. (2018). Penguatan Literasi Baru Pada Guru Madrasah Ibtidaiyah Dalam Menjawab Tantangan Era Revolusi Industri 4.0.Journal of Research and Thought on Islamic Education (JRTIE), 1(1), 1–21. .https://doi.org/10.24260/jrtie.v1i1.1064
Ismail, I., Hasan, H., & Musdalifah, M. (2018).Pengembangan Kompetensi Mahasiswa Melalui Efektivitas Program Magang Kependidikan.Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(1), 124–132. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i1.48
Jufri, A. W., Suryanti, N. M. N., Amin, M., Jaelani, A. K., & Setiadi, D. (2020).Workshop Teknik Pembimbingan dan Penilaian Mahasiswa Peserta Praktek Pengenalan Lapangan Persekolahan Bagi Guru-Guru Anggota KKG di Kota Mataram.Jurnal Pengabdian Magister Pendidikan IPA, 2(2). https://doi.org/10.29303/jpmpi.v2i2.373
Mufidah, H. (2019). Kompetensi Manajerial Dan Kompetensi Kepribadian Mahasiwa Manajemen Pendidikan Islam Institut Pesanten Sunan Drajat Dalam Program Latihan Profesi (PLP). 1, 13.
Nurcahyono, N. A., & Novarina, E. (2015).Analisis Keterampilan Memberi Penguatan Dan Mengadakan Variasi Pelajaran Pada Program Latihan Profesi (PLP). 6.
Permatasari, A. (2015). MEMBANGUN KUALITAS BANGSA DENGAN BUDAYA LITERASI. 11.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.