Ragam Pembuatan Olahan Nugget Ikan (Fish Nugget) Untuk Produk Herbal Desa Pasang

Main Article Content

Nurlela Baco
Wisnah Syari
Wiwi Widiawati
Elihami Elihami
Ismail Ismail
Muhammad Dahlan
Ani Sella
Nasrah Nasrah
Indih Aminah

Abstract

Ikan memiliki kandungan gizi cukup baik terutama dari kandungan protein dan lemaknya. Protein Ikan mudah terserap oleh tubuh manusia, Kandungan lemak Ikan memiliki kandungan Kolesterol yang termasuk dalam golongan HDL. Dengan kelebihan lainnya ikan tidak serta merta mau dinikmati oleh sebagian masyarakat terutama oleh anak-anak. Untuk itu perlu adanya penganekaragaman bentuk olahan ikan sehingga lebih menarik, diantaranya dengan cara membuat Nugget Ikan. Nugget ikan adalah olahan daging ikan yang dicampur dengan dengan tepung, telur, bayam, wortel dan susu sebagai bahan dasar. Jenis olahan ini dapat dinikmati dalam jangka panjang karena penyimpanan sebelum dikonsumsi dalam suasana beku. Di desa Pasang, Kecamatan Maiwa, Kabupaten Enrekang memiliki potensi perikanan cukup baik, banyak terdapat kelompok pembudidaya ikan, dan sangat aktif karena merupakan salah satu program yang dibuat oleh kepada desa. Melihat Potensi yang ada kami dari timĀ  E-KKN tematik kelompok 3 Universias Muhammadiyah Enrekang dengan ini mengangkat salah satu produk potensi di desa Pasang yaitu nugget ikan. Tujuan dari kegiatan ini untuk membantu masyarakat dalam mempromosikan serta pemasaran nugget ikan.

Article Details

How to Cite
Baco, N., Syari, W., Widiawati, W., Elihami, E., Ismail, I., Dahlan, M., Sella, A., Nasrah, N., & Aminah, I. (2021). Ragam Pembuatan Olahan Nugget Ikan (Fish Nugget) Untuk Produk Herbal Desa Pasang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 72-77. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2154
Section
Articles

References

Baco, N., Syari, W., Widiawati, W., Elihami, E., & Ismail, I. (2021). Peningkatan Produktivitas Dodol di masa Pandemi Covid-19 di Desa Pasang Kabupaten Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 66-71.
Hasan, H., Usman, M., Mustakim, M., Masnur, M., & Elihami, E. (2020). Produk Olahan Pepaya pada Masyarakat Boiya menjadi Selai yang menghasilkan nilai jual. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(2), 18-23.
Riski, P., Nurdin, N. A., Fatimah, S., Syamsuddin, S., Hasmiwarni, H., Aulia, U., ... & Elihami, E. (2021). Pembuatan JASUKE di Masa Pandemi Covid-19 Melalui E-KKN Tematik Mahasiswa Universitas Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 54-60.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 2(1), 109-117.
Syarif, I., Agusriandi, A., Elihami, E., Samad, I. S., & Wahyuni, S. (2021). Training on ant sugar production to increase people's income in Ba'ka Village, Enrekang. Community Empowerment, 6(7), 1133-1138.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.