Olahan makanan ringan bernutrisi berupa keripik dari bahan utama Bengkuang produksi Desa Pasang

Main Article Content

Ilham Assidiq
Suherman Suherman
Ekajayanti Kining
Ismaya Ismaya
Elihami Elihami
Asni Asni
Nur Atiqa

Abstract

Bengkuang mengandung vitamin C, Vitamin B1, vitamin B6, protein, serat kasar relative yang tinggi dan inulin yang cocok untuk diet. Umbi bengkuang juga mengandung antioksidan, flavonoid dan saponin yang mampu mencegah kerusakan kulit oleh radikal bebas.Produk keripik yang terbuat dari sayur dan buah memiliki resiko kerusakan yang lebih rendah dengan umur simpan yang lebih lama. Hal tersebut disebabkan oleh rendahnya kandungan air pada produk keripik dibandingkan produk buah dan sayur segar, sehingga mencegah terjadinya kerusakan mikrobiologis yang disebabkan oleh mikroorganisme. Umbi bengkuang segar hanya dapat bertahan 4-5 hari saja untuk dijadikan olahan pagan. Agar bisa dikonsumsi dalam jangka lama, umbi bengkuang yang kaya akan nutrisiĀ  dapat di produksi menjadi makanan ringan berupa kripik. Kripik Bengkoang merupakan hasil olahan masyarakat Desa Pasang yang masih menggunakan metode yang konvensioanl. Kripik Bengkoang merupakan salah satu jenis kripik dari umbi-umbian yang mengandung vitamin C, B1, gula, fosfor, zat besi, kalsium, dan mengandung kadar air 86-90%. Pembuatan kripik bengkoang ini kami lakukan yakni bermitra dengan UP2K Massewwa Desa Pasang yang bertujuan untuk memberdayakan masyarakat dengan membuat produk, label dan kemasan makanan yang dapat menarik perhatian komsumen.

Article Details

How to Cite
Assidiq, I., Suherman, S., Kining, E., Ismaya, I., Elihami, E., Asni, A., & Atiqa, N. (2021). Olahan makanan ringan bernutrisi berupa keripik dari bahan utama Bengkuang produksi Desa Pasang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 86-94. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2205
Section
Articles

References

Jamaluddin. 2018. Pengolahan Aneka Kerupuk dan Keripik Bahan Pangan. Badan Penerbit UNM: Universitas Negeri Makassar.
Putri, G., dkk. 2009. Usaha Keripik Bengkoang Guna Meningkatkan Nilai Jual Buah Bengkoang Sebagai Salah Satu Ciri Khas Kecamatan Prembun Kabupaten Kebumen. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Rukmana, R dan H, Yudirachman. 2014. Kiat Sukses Budi Daya Bengkuang: Tanaman Multi Manfaat. Lily Publisher. Yogyakarta.
Sandranutha, D., 2012. Pengaruh Waktu Dan Suhu Pada Pembuatan Keripik Bengkoang Dengan Vaccum Frying. Universitas Diponegoro Semarang.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.