Pelayanan Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Taman Pendidika Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa Muhammadiyah Enrekang Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Bagi Anak (TPA) At-Taqwa Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Umiyati jabri
Agus Riandi
Ainun Khumairah
Arni Ardita Suli
Marwah Nuranjelina
Nadila Nur Ratna
Niar Niar
Nur Qalbi Qadria
Nuratika Sudirman
Nur Musfirah Jaya
Nurul Ramadan SJ
Reski Andriani
Rahmaini Jufri
Wardha Abdul Halim
Yusril Al Khairi Yusuf
Ismail Ismail
Elihami Elihami
Ita Sarmita Samad

Abstract

Artikel ini mendeskripsikan untuk memberikan pelayanan kepada Santri Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa Muhammadiyah Enrekang dalam menumbuhkan karakter sejak dini dengan tujuan agar mampu memahami dan mengamalkan Al-Qur’an serta memiliki akhlakul karimah. Metode pelayanan yang digunakan dalam penulisan artikel ini dengan metode Behavior. Peneliti melakukan kajian dengan bersentuhan langsung dengan santriwan/santriwati yang ada di TPA At-Taqwa Muhammadiyah Enrekang. Hasil dari pelatihan ini menunjukkan bahwa dari 6 peran TPA sudah bisa dikatakan berperan baik dalam pendidikan karakter yang dicanangkan oleh Kementerian Pendidikan Nasional yaitu (1) Peran TPA dalam membantu santri mengagumi dan mncintai Al-Qur’an sebagai bacaan yang istimewa (religius), (2) Peran TPA dalam membimbing santri membaca al- qur’an dengan baik dan benar (gemar membaca), (3) Peran TPA dalam mengajarkan sholat 5 waktu dengan tata cara yang benar (disiplin), (4) Peran TPA dalam membina santri menguasai hafalan sejumlah surat pendek atau ayat pilihan dan do’a sehari-hari (mandiri), (5) Peran TPA dalam mengarahkan berakhlak sosial yang baik sesuai dengan tuntunan Islam (peduli sosial), (6) Peran TPA dalam membantu santri menulis huruf Arab dengan baik dan benar (kreatif).

Article Details

How to Cite
jabri, U., Riandi, A., Khumairah, A., Suli, A. A., Nuranjelina, M., Ratna, N. N., Niar, N., Qadria, N. Q., Sudirman, N., Musfirah Jaya, N., SJ, N. R., Andriani, R., Jufri, R., Halim, W. A., Yusuf, Y. A. K., Ismail, I., Elihami, E., & Samad, I. S. (2021). Pelayanan Baca Tulis Al-Qur’an Untuk Taman Pendidika Al-Qur’an (TPA) At-Taqwa Muhammadiyah Enrekang Untuk Meningkatkan Pendidikan Karakter Bagi Anak (TPA) At-Taqwa Muhammadiyah Enrekang. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 3(1), 102-111. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/pengabdian/article/view/2206
Section
Articles

References

Menteri Pendidikan Nasional. 2010. Undang-undang Republik Indonesia No. 20 tahun 2003 tentang SISDIKNAS & Perarturan Pemerintah Republik Indonesia Tahun 2010 tentang Penyelenggaraan Pendidikan Serta Wajib Belajar. Bandung: Citra Umbara.
Putra, Windisyah. 2012. Tentang Mencerdaskan Intrapersonal dan Interpersonal Anak Usia Dini Berbosis Eds Tdlnmen F. Yogyakarta. Multi Pressindo..
Putra. 2012. UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3 Tentang Peran dan Keberadaan TPA, Tadarus Angkatan Muda Masjid dan Mushola Ieota Gede Yogyakarta dalam As’ad
Salls. 2007.Tentang Kepribadian yang Baik dan Berakhlak Mulia pada Anak Usia Dini.(Kementerian Pendidikan Nasional 2010 Pusat I (Kurikulum Badan Penelitian dan Pengembangan) telah merumuskan nilai karakter yang akan ditanamkan pada diri peserta didik sebagai upaya membangun karakter bangsa.
UU No 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional pada Pasal 3, Peran dan keberadaan TPA/TPA.

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.