Tren Baru Homeschooling Islam di Indonesia Era Pandemi

Main Article Content

Rantikasari Rantikasari

Abstract

yang menjadipilihanbanyakorantua, tetapi juga adasistem Pendidikan non formal dan informal. Homeschooling yang lebihdikenalsebagaisekolahrumahatausekolahberbasiskeluargamulaimenjadi trend barudalamkancah Pendidikan. Model Pendidikan alternatif yang memiliki basis keluargamulaibanyakdiminati dan sangatmenarikuntukdiamati. Hadirnyabeberapa homeschooling pada beberapatahunterakhir yang mengindentifikasidirinyasebagai Islamic homeschooling atau homeschooling yang menerapkankonsepdari Pendidikan Islam. Nilai, kurikulum dan materipembelajarannyamenerapkankonsep Pendidikan Islam. Hal lain yang menjadimenarikbukanhanyaterletak pada ideologidari homeschooling tersebutakantetapicikalbakalislamisasi homeschooling. Dimana berawaldarimantanaktivismuslimuniversitas. Hal inikarena Gerakan aktivismuslimuniversitasberperandalamislamisasi Lembaga Pendidikan di Indonesia, sehinggamenjadimenarikuntukdicatat. Makaartikeliniditulisyakniuntukmenjelaskansatu model Pendidikan yang didirikan oleh aktivismuslimuniversitas ,yakni homeschooling group khoiru ummah yang bertepat di Bogor. Hasil dariapa yang dilakukanpenelitian pada tulisan inimenunjukkanbahwaadabeberapahal yang menjadifaktor dan alasanterkaitdibentuknya homeschooling group khoiru ummah Bogor, diantaranya: (1) alasan ideologi, (2) alasan ketahanan keluarga, (3) alasan akademis, dan (4)alasan sosialisasi

Article Details

How to Cite
Rantikasari, R. (2021). Tren Baru Homeschooling Islam di Indonesia Era Pandemi. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 1(1), 15-26. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/1392
Section
Articles