Manajemen Seleksi Bahan Pustaka di Perpustakaan di SMA Negeri 2 Enrekang
Main Article Content
Abstract
Kegiatan seleksi bahan pustakamerupakan salah satu kegiatan perpustakaan untuk menunjang perpustakaan agar dapat memberikan informasi yang lebih baik kepada pemustaka. Kegiatan pengembangan koleksi merupakan kegiatan penting penunjang keberhasilan sebuah perpustakaan. Dalam penelitian ini akan terfokus pada seleksi dalam pengembangan koleksi itu sendiri, menambah koleksi perpustakaan yang baik dan seimbang, sehingga mampu melayani kebutuhan pengguna yang berubah dan tuntutan pengguna masa kini serta masa mendatang. Tujuan pengembangan koleksi perpustakaan perlu dirumuskan dan disesuaikan dengan kondisi serta kebutuhan pengguna agar perpustakaan dapat secara berencana mengembangkan koleksinya. Pemilihan buku artinya memilih buku untuk perpustakaan, pemilihan atau seleksi juga dapat dikatakan sebagai proses menolak bahan pustaka tertentu untuk perpustakaan. Istilah pemilihan atau seleksi “buku” dan pengembangan koleksi kadang-kadang digunakan sebagai suatu istilah yang sama. Hal ini disebabkan pemilihan buku merupakan bagian utama dari pengembangan koleksi. Pemilihan atau seleksi buku merupakan pekerjaan professional pustakawan yang penuh tantangan, dengan mempelajari para pemustaka maupun yang bukan pemustaka untuk dapat mengetahui informasi apa saja yang dibutuhkan. Adapun rumusan masalah dalam makalah ini adalah 1. Apa yang dimaksud seleksi atau pemilihan bahan pustaka di perpustakaan sekolah? 2. Bagaimana proses seleksi atau pemilihan bahan pustaka di perpustakaan sekolah?. Seleksi bahan pustaka disini hanya akan terfokus pada perpustakaan sekolah yang mana pemustakanya merupakan siswa-siswi sekolah dan guru, dengan tujuan 1.Mengetahui proses seleksi atau pemilihan bahan pustaka di perpustakaan sekolah 2.Mendeskripsikan proses seleksi atau pemilihan bahan pustaka 3.Menganalisis proses seleksi atau pemilihan bahan pustaka.Kajian teori dalam penelitian ini yaitu seksi bahan pustaka, kebijakan seleksi, seleksi pada perpustakaan sekolah, kriteria bahan pustaka, alat bantu seleksi, prinsip seleksi, proses seleksi, dan prosedur seleksi. Sehingga dari makalah ini dapat menghasilakan ilmu pengetahuan, pemahaman dan mampu