Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI: Studi Kasus di SD Plus Kasih Ibu

Main Article Content

Abdul Gani Jamora Nasution
Laila Qadaria
Wapiatul Khairiah
Erma Yanti Tanjung
Ananta Pramayshela

Abstract

Adanya kasus kesulitan belajar yang dialami siswa pada pelajaran SKI membuat siswa sulit memahami materi, kurang bisa membaca tulisan Arab Melayu, dan sulit memahami bahasa dari guru. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengkategorikan masalah kesulitan dan menemukan solusi untuk menyelesaikan masalah kesulitan belajar siswa pada pelajaran SKI. Jenis penelitian ini adalah kualitatif deskriptif dengan menggunakan pendekatan studi kasus.  Subjek penelitian berjumlah 22 siswa kelas VI SDS dan 1 guru SKI kelas VI. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi, pengelolaan data menggunakan trianggulasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa kesulitan berupa (1) Kesulitan memahami materi yang disebabkan karena sulit konsentrasi belajar pada materi, (2) Sulit membaca tulisan Arab Melayu yang disebabkan karena kebiasaan belajar kurang teratur, (3) Sulit memahami bahasa dari Guru ketika menjelaskan materi yang disebabkan kurang percaya diri dalam bertanya kepada guru. Pemecahan masalah kesulitan belajar adalah variasi penggunaan metode pembelajaran, koordinasi dengan rekan guru, dan menerjemahkan ungkapan istilah ilmiah.

Article Details

How to Cite
Nasution, A., Qadaria, L., Khairiah, W., Tanjung, E. Y., & Pramayshela, A. (2022). Kesulitan Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI: Studi Kasus di SD Plus Kasih Ibu. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(1), 42-47. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/4990
Section
Articles