Karakter, Peliputan, dan Bahasa Radio serta Radio Komunitas dan Radio Komersial

Main Article Content

Winda Kustiawan
Elvira Zahra
Cindy Satika Lesmana
Sophia Lajuba
Nandini Nandini
Vira Nabila
Intan Farinnisa
Abdi Verdiansyaf
Abdul Rahman
Muhammad Hafiz Sapriadi
Farhan Sauqi Abdi Harahap
Dimas Siswanda

Abstract

Radio merupakan media massa satu arah yang berperan menyebarkan informasi (berita, informasi dan hiburan) kepada khalayak luas. Radio hadir jauh sebelum media menjadi media komunikasi massa seperti sekarang ini. Terdapat beberapa jenis radio seperti, radio publik, radio swasta, radio komunitas dan radio berlangganan. Pada penelitian ini, komunitas radio dan komersial hanya akan dipahami. Radio komunitas adalah komunitas radio Stasiun yang diselenggarakan khusus untuk penduduk lokal di wilayah, kawasan atau wilayah tertentu, dan memuat program-program yang berciri utama muatan lokal, serta dikelola dan dikelola oleh penduduk setempat. Sedangkan radio komersial adalah stasiun yang lebih berorientasi pada industri penyiaran yang menghasilkan atau menghasilkan keuntungan. Di era modern ini, rasanya radio sudah tidak ada dan jadul. Namun tanpa kita ketahui, radio terus berkembang mengikuti perkembangan zaman. Radio di era ini, di era yang serba digital ini, mengikuti perkembangan zaman. Program yang ditawarkan juga bervariasi dari waktu ke waktu, dengan konten yang lebih kreatif. Setiap daerah juga memiliki banyak saluran siaran. Di era teknologi modern dan teknologi canggih ini, Gen Z membutuhkan pendidikan dan minat yang lebih dalam mengembangkan radio untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena jika tidak, kapan pun radio berdurasi lebih cepat akan ada dalam nama hanya akan menjadi sejarah. Di era teknologi modern dan teknologi canggih ini, Gen Z membutuhkan pendidikan dan minat yang lebih dalam mengembangkan radio untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena jika tidak, kapan pun radio berdurasi lebih cepat akan ada dalam nama hanya akan menjadi sejarah. Di era teknologi modern dan teknologi canggih ini, Gen Z membutuhkan pendidikan dan minat yang lebih dalam mengembangkan radio untuk mengikuti perkembangan zaman. Karena jika tidak, kapan pun radio berdurasi lebih cepat akan ada dalam nama hanya akan menjadi sejarah.

Article Details

How to Cite
Kustiawan, W., Zahra, E., Lesmana, C., Lajuba, S., Nandini, N., Nabila, V., Farinnisa, I., Verdiansyaf, A., Rahman, A., Sapriadi, M. H., Harahap, F. S. A., & Siswanda, D. (2022). Karakter, Peliputan, dan Bahasa Radio serta Radio Komunitas dan Radio Komersial. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 70-78. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/5045
Section
Articles