Manajemen Arsip Dinamis dan Statis di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima (NTB)

Main Article Content

Syahruramadhan Syahruramadhan
Haruddin Haruddin
Sukarman Sukarman
Harianto Harianto

Abstract

Penelitian ini membahas tentang Manajemen Arsip Dinamis dan Statis di Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima. Penelitian ini membahas masalaha yaitu: bagaimana manajemen arsip dinamis dan statis di kantor arsip dan perpustakaan kota bima.. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui Bagaimana manajeman kearsipan yang dilaksanakan oleh Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima (NTB).


Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif pendekatan kualitatif. Informan dalam penelitian ini adalah berjumlah tiga orang yaitu: satu orang kepala Kantor Arsip dan Perpustakaan Kota Bima dan dua orang staff bagian pengelolaan arsip. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, wawancara dan observasi. Langkah-langkah dalam menganalisis data adalah menggunakan teknik pengumpulan data: reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan.


Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa secara umum Manajemen Arsip Dinamis Dan Statis Di Kantor Arsip Dan Perpustakaan Kota Bima meliputi: 1) pengelolaan arsip dinamis yaitu: Penciptaan arsip, penggunaan arsip, pemeliharaan arsip dan penyusutan arsip. 2) pengelolaan arsip statis yaitu: pengumpulan arsip statis, penggunaan arsip statis dan pemeliharaan arsip statis. 3) faktor-faktor yang mempengaruhi pengelolaan arsip dinamis dan statis yaitu: system penyimpanan arsip, fasilitas kearsipan, petugas kearsipan dan lingkungan kerja kearsipan. 4) hambatan-hambatan dalam pengelolaan arsip dinamis dan statis yaitu: kurangnya fasilitas yang digunakan dalam pengelolaan arsip sehingga menghambat pengelolaan arsip, pegawai yang menagani kearsipan yang masih kurang baik dari segi jumlah maupun dari segi kualitas.

Article Details

How to Cite
Syahruramadhan, S., Haruddin, H., Sukarman, S., & Harianto, H. (2023). Manajemen Arsip Dinamis dan Statis di Dinas Perpustakaan dan Arsip Kota Bima (NTB). Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 40-45. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/5398
Section
Articles