Kebijakan Akses & Layanan Arsip di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta

Main Article Content

Madinatul Munawwarah Ridwan
Ismaya Ismaya
Verry Mardiyato
Nurpa Zaitun Zain

Abstract

Abstract: Each agency produces documents and archives for the purpose of being a memory and information center if files are needed as information, providing data to employees who need data regarding the results of activities and work in the past and providing vital information in accordance with statutory provisions. The formulation of the problem in this study How is the access policy and archive services at the Yogyakarta Regional Library and Archives Office? The data collection method used included interviews with informants, observation and direct viewing of services carried out by the Yogyakarta Regional Library and Archives Agency. BPAD Yogyakarta has a vision to become a Learning Community with Character and Culture. the researcher is interested in discussing archive policies and services at the Yogyakarta Regional Library and Archives Agency, with the aim of knowing the archive services provided by the Yogyakarta Regional Library and Archives Agency to the public. As for the results of this study, the Yogyakarta Regional Library and Archives Agency is one of the existing organizational bodies to serve the needs of the community by developing, fostering, serving and managing archives in the city of Yogyakarta. The results of this study indicate that BPAD DIY has provided good service and it is hoped that it will continue to increase to achieve even better service. Archive access policies in BPAD DIY have been explained in great detail by archivists to make it easier for users to access the archives they want.


 


Abstrak: : Setiap instansi menghasilkan dokumen dan naskah Arsip yang bertujuan sebagai pusat ingatan dan informasi jika berkas diperlukan sebagai keterangan, memberikan data kepada pegawai yang memerlukan data mengenai hasil-hasil dari kegiatan dan pekerjaan pada masa lampau dan memberikan keterangan vital sesuai dengan ketentuan perundang-undangan. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini Bagaimana  kebijakan akses dan layanan arsip di kantor Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Yogyakarta?. Metode pengumpulan data yang  digunakan meliputi wawancara kepada informan, observasi dan melihat secara langsung pelayanan yang dilakukan Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta.  BPAD Yogyakarta mempunyai visi menjadi Mewujudkan Masyarakat pembelajar yang Berkarakter dan Berbudaya. maka peneliti tertarik untuk membahas tentang kebijakan dan layanan arsip di Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Yogyakarta, dengan tujuan untuk mengetahui  pelayanan arsip yang diberikan Badan Perpustakaan Dan Arsip Daerah Yogyakarta kepada masyarakat. Adapun hasil dari penelitian ini Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Yogyakarta merupakan salah satu badan organisasi yang ada untuk  melayani kebutuhan masyarakat dengan mengembangkan, membina, melayani dan mengelolah arsip yang ada di kota Yogyakarta. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa BPAD DIY telah memberikan pelayanan yang baik dan diharapkan akan terus meningkat untuk mencapai pelayanan yang lebih baik lagi. Kebijakan akses arsip yang ada di BPAD DIY telah diperjelas dengan sangat detail oleh arsiparis  agar mempermudah pemustaka dalam mengakses arsip yang diinginkannya.


 

Article Details

How to Cite
Ridwan, M., Ismaya, I., Mardiyato, V., & Zain, N. (2023). Kebijakan Akses & Layanan Arsip di Badan Perpustakaan dan Arsip Daerah Istimewa Yogyakarta. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 15-22. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/5542
Section
Articles