Peningkatan Pemahaman Membaca Cepat dalam Mempelajari Teks Narasi Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Strategi Practice Rehearsal Pairs SMA Muhammadiyah Enrekang
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membaca cepat dalam mempelajari teks narasi melalui metode pembelajaran kooperatif strategi practice rehearsal pairs siswa SMA Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini digolongkan ke dalam penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), karena bertujuan memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas dengan meningkatkan kualitas pembelajaran baik proses maupun hasil pembelajaran membaca cepat teknik analisis dan pengolahan data yang ditempuh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas disajikan seperti hasil tes dan nontes hasil tes terdiri dari beberapa prasiklus diantaranya siklus I dan siklus II. hasil tes keterampilan membaca cepat sebelum mendapat pembelajaran membaca cepat dengan metode kooperatif strategi practice rehearsal pairs merupakan hasil prasiklus. Hasil tes membaca siswa setelah mendapatkan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode kooperatif strategi practice rehearsal pairs merupakan Hasil tes siklus I dan siklus II dan diuraikan dalam bentuk data data kualitatif. observasi dari hasil nontes diuraikan dalam bentuk deskriptif dan data kuantitatif.