Peningkatan Pemahaman Membaca Cepat dalam Mempelajari Teks Narasi Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Strategi Practice Rehearsal Pairs SMA Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Muhammad Nasrul
Syahdan Syahdan
M. Hatta

Abstract

Tujuan penelitian  ini adalah mendeskripsikan perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi pembelajaran membaca cepat dalam mempelajari teks narasi melalui metode pembelajaran kooperatif strategi practice rehearsal pairs siswa SMA Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini digolongkan  ke dalam penelitian tindakan kelas (classroom Action Research), karena bertujuan  memecahkan permasalahan pembelajaran di kelas dengan meningkatkan kualitas pembelajaran baik proses maupun hasil pembelajaran membaca cepat teknik analisis dan pengolahan data yang ditempuh peneliti dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan teknik analisis kuantitatif dan teknik kualitatif. Hasil penelitian tindakan kelas disajikan seperti hasil tes dan nontes  hasil tes terdiri dari beberapa prasiklus diantaranya siklus I dan siklus II. hasil tes keterampilan membaca cepat sebelum mendapat pembelajaran membaca cepat dengan metode kooperatif strategi practice rehearsal pairs merupakan hasil prasiklus. Hasil tes membaca siswa setelah mendapatkan pembelajaran membaca cepat dengan menggunakan metode kooperatif strategi practice rehearsal pairs merupakan Hasil tes siklus I dan siklus II dan diuraikan dalam bentuk data data kualitatif. observasi dari hasil nontes diuraikan dalam bentuk deskriptif dan data kuantitatif.

Article Details

How to Cite
Nasrul, M., Syahdan, S., & Hatta, M. (2023). Peningkatan Pemahaman Membaca Cepat dalam Mempelajari Teks Narasi Melalui Metode Pembelajaran Kooperatif Strategi Practice Rehearsal Pairs SMA Muhammadiyah Enrekang. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 3(1), 86-96. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/6635
Section
Articles