Persepsi Pemustaka Terhadap Sistem Layanan Referensi di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Makassar

Main Article Content

La Ode Rusadi
Supianti Supianti

Abstract

Abstract: The main problem discussed in this  research is the library's perception of the reference service system at the central library of Muhammadiyah University of Makassar.  The aim of this research is to find out how users perceive the reference service system at the central library of Muhammadiyah University of Makassar as well as how users perceive the attitude of librarians towards users in the reference room at the central library of Muhammadiyah University of Makassar.  In this research, the author uses a type of field research, with qualitative descriptive analysis, namely providing information and descriptions of the problem being studied, regarding service data and discussion using sentences through interviews from several users, in order to find out exactly how the users perceive it.  towards the reference service system at the central library of Makassar Islamic University.  The research results obtained in this study show the opinion of users regarding the reference service at the Makassar Islamic University central library, namely that the reference service at the Makassar Islamic University library is quite good because the reference service itself, every time a user visits, they are always provided with firm and reliable service.  Discipline.


Abstrak: : Pokok Permasalahan yang dibahas pada penelitian ini yaitu tetang persepsi pemustaka terhadap sistem pelayanan referensi di perpustakaan pusat Universitas Muhammadiyah Makassar. Tujuan dalam penelitian ini untuk mengetahui bagaimana persepsi pemustaka terhadap sistem pelayanan referensi di perpustakaan pusat Universitas Muhammadiyah Makassar serta bagaimana persepsi pemustaka tentang sikap pustakawan terhadap pemustaka yang ada di ruangan referensi di perpustakaan pusat Universitas Muhammadiyah Makassar. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan jenis penelitian lapangan atau field research, dengan analisis deskriptif kualitatif yaitu memberikan informasi dan gambaran tentang masalah yang diteliti, menyangkut data-data pelayanan dan pembahasan dengan menggunakan kalimat melalui wawancara dari beberapa pemustaka, guna mengetahui secara pasti bagaimana persepsi pemustaka terhadap system pelayanan referensi di perpustakaan pusat Universitas Islam Makassar. Hasil penelitian yang didapat dalam penelitian ini adalah menunjukkan tentang pendapat pemustaka mengenai pelayanan referensi yang ada di perpustakaan pusat Universitas Islam Makassar yaitu pada pelayanan referensi di perpustakaan Universitas Islam Makassar sudah lumayan bagus karena dipelayanan referensi sendiri setiap terdapat pemustaka yang berkunjung selalu diberikan pelayanan yang tegas dan disiplin.

Article Details

How to Cite
Rusadi, L. O., & Supianti, S. (2022). Persepsi Pemustaka Terhadap Sistem Layanan Referensi di Perpustakaan Pusat Universitas Muhammadiyah Makassar. Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 2(2), 90-98. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/7741
Section
Articles