Pengaruh Pola Komunikasi antara Orang Tua dan Anak dalam Penerapan Pola Parenting (Studi Kolerasi Komunitas Muslimah Hijrah Medan)

Main Article Content

Aisyah Amini Salam
Nurhayati Br. Sembiring
Sri Tsulatsiah Putri Nabila Ginting

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dampak pola komunikasi terhadap penerapan pola parenting dalam komunitas muslimah hijrah di Medan. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling atau probably sampling, dengan survei menggunakan kuesioner sebagai instrumen penelitian. Analisis data melibatkan teknik Uji Validitas, Uji Reliabilitas, Uji Normalitas, Uji Multikolinearitas, dan Uji Hipotesis, termasuk Regresi Linier Sederhana dan Koefisien Korelasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pola komunikasi antara anak dan orang tua memiliki dampak signifikan pada pola parenting anak. Sebagai contoh, jika komunikasi antara anak dan orang tua berjalan sejalan dan harmonis, pola asuh yang diterapkan cenderung lebih tepat. Penelitian ini bertujuan untuk memahami pentingnya peran ajaran pola asuh dari orang tua terhadap anak, atau yang umumnya dikenal sebagai parenting. Dengan semakin berkurangnya peran komunikasi keluarga yang penting, terutama ketika beberapa orang tua mengalihkan tanggung jawabnya kepada pembantu, perhatian terhadap anak menjadi terbatas karena aktivitas orang tua yang beragam. Oleh karena itu, penelitian ini dilakukan untuk mengeksplorasi dan memahami pola asuh yang umumnya digunakan oleh orang tua di zaman sekarang.

Article Details

How to Cite
Salam, A. A., Sembiring, N. B., & Ginting, S. T. P. N. (2024). Pengaruh Pola Komunikasi antara Orang Tua dan Anak dalam Penerapan Pola Parenting (Studi Kolerasi Komunitas Muslimah Hijrah Medan). Maktabatun: Jurnal Perpustakaan Dan Informasi, 4(1), 7-16. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/RMH/article/view/7825
Section
Articles