Analisis Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial untuk meningkatkan Kesejahteraan Masyarakat (Studi Kasus pada Perpustakaan Mappaita Deceng Desa Parippung Kabupaten Bone)
Main Article Content
Abstract
Tulisan ini membahas mengenai program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kasus untuk menelaah suatu kasus dalam konteks realitas kehidupan yaitu mengenai program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial di Perpustakaan Mappaita Deceng Desa Parippung Kabupaten Bone. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa: program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial pada Perpustakaan Mappaita Deceng Desa Parippung Kabupaten Bone terdiri dari Program Pendidikan, Program Ekonomi, dan Program Sosial. Kegiatan Program Pendidikan yaitu Kelas Komputer; Bimbingan Belajar; Pelatihan Baca Tulis Al-Aqur’an, Gempur Literasi Sekolah, Gerakan Menumbuhkan Minat Baca Di Posyandu,Lapak Baca. Kegiatan Program Ekonomi yaitu Pelatihan Pembuatan Makrame; Pelatihan Pembuatan Kolase dari Daun Kering; Pelatihan Pembuatan Makanan dan Minuman Tradisional. Kegiatan Program Sosial yaitu Senam dan Sosialisasi kesehatan dimasyarakat. Dengan adanya program ini berdampak pada peningkatan taraf hidup masyarakat baik dibidang pendidikan, sosial, dan ekomoni. Implikasi dari penelitian ini yaitu program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial menjadi lebih banyak yang dilaksanakan sehingga mampu memberikan pengaruh terhadap peningkatan kesejahteraan masyarakat. Kemudian, program ini mendapat banyak dukungan dari pihak terait dan mampu memberikan pengaruh terhadap kesejahteraan masyarakat Desa Paripppung dari berbagai aspek kehidupan.