Persepsi Mahasiswa Tentang Berita Perubahan Logo Halal di Instagram
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang berita pergantian logo halal di Instagram di Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Kampus II Jl. Williem Iskandar Pasar V Medan. Secara khususnya penelitian ini untuk mengetahui persepsi mahasiswa tentang: pertama, perubahan logo. Kedua, bentuk logo. Ketiga, keterbacaan logo. Keempat, warna logo. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan wawancara. Informan dalam penelitian ini berjumlah enam orang yang merupakan mahasiswa aktif prodi komunikasi dan penyiaran Islam stambuk 2018. Analisis data dilakukan dengan mengacu pendapat Miles Haberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa: pertama, dalam pergantian logo halal, sebagian mahasiswa setuju dengan hal tersebut. Kedua, seluruh informan setuju bahwa bentuk logo halal menyerupai gunungan surjan. Ketiga, dalam keterbacaan logo, sebagian mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam mengatakan bahwa tulisannya dapat dibaca dan terlihat modis, namun ada yang mengatakan bahwa tulisan dalam logo tidak dapat terbaca dan tulisan arabnya tidak kelihatan. Keempat, mahasiswa Prodi Komunikasi dan Penyiaran Islam mengatakan warna ungu itu bagus dan menunjukkan keimanan. Namun ada juga yang mengatakan bahwa warna hijau di logo yang lama lebih ikonik dan bernuansa Islami.