Classroom Action Research: Apakah Hasil Belajar Matematika Dapat Ditingkatkan Melalui Metode De Bono
Main Article Content
Abstract
Classroom action research ditujukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar trigonometri pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare melalui metode De Bono. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus tiga kali pertemuan, setiap akhir siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar. Aktivitas peserta didik dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dilakukan selama proses melalui lembar observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, hasil belajar pada materi trigonometri mengalami peningkatan melalui metode De Bono pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare. Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar trigonometri, tercapainya ketuntasan belajar klasikal, meningkatnya persentase rata-rata aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I ke siklus II.