Classroom Action Research: Apakah Hasil Belajar Matematika Dapat Ditingkatkan Melalui Metode De Bono

Main Article Content

Nurdin Nurdin
Dian Anugrah
Sumi Sumi

Abstract

Classroom action research ditujukan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar trigonometri pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare melalui metode De Bono. Penelitian ini dilakukan dalam dua siklus. Setiap siklus tiga kali pertemuan, setiap akhir siklus dilakukan satu kali tes hasil belajar.  Aktivitas peserta didik dan kemampuan guru mengelola pembelajaran dilakukan selama proses melalui lembar observasi. Hasil penelitian menyatakan bahwa, hasil belajar pada materi trigonometri mengalami peningkatan melalui metode De Bono pada peserta didik kelas XI IPA 2 SMA Negeri 3 Parepare.  Hal ini dapat dilihat dari meningkatnya skor rata-rata hasil belajar trigonometri, tercapainya ketuntasan belajar klasikal, meningkatnya persentase rata-rata aktivitas peserta didik yang sesuai dengan pembelajaran dari siklus I ke siklus II.

Article Details

How to Cite
Nurdin, N., Anugrah, D., & Sumi, S. (2022). Classroom Action Research: Apakah Hasil Belajar Matematika Dapat Ditingkatkan Melalui Metode De Bono. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 20-27. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/4420
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.