Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMPS PPM Rahmatul Asri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung

Main Article Content

Hafsyah Hafsyah
Ruslimin A
Pratiwi Pujilestari Alam

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesulitan siswa SMP pada materi bangun ruang sisi lengkung. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif dan subjeknya ialah siswa SMPS PPM Rahmatul Asri , kelas IX  yang jumlahnya sebanyak 20 siswa. Kemudian pengumpulan data yang di gunakan yaitu memberikan soal instrument kepada siswa sebanyak 5 buti soal. teknik menganalisis yang dilakukan yaitu menilai jawaban siswa berdasarkan tes yang dibagikan, menenetukan jenis-jenis kesalahan dalam menjawab oleh siswa dan mengetahui banyaknya jenis kesalahan siswa. Dari hasil analisi data penelitian menunjukan siswa belum mampu untuk menghitung volume, mengidentifikasi informasi yang termasuk dalam soal, dan belum bisa menyelesaikan soal materi bangun ruang sisi lengkung. Sehingga bisa di simpulkan bahwa siswa masih belum menguasai konsep bangun ruang sisi lengkung.

Article Details

How to Cite
Hafsyah, H., A, R., & Alam, P. P. (2022). Analisis Kesulitan Matematika Siswa SMPS PPM Rahmatul Asri Pada Materi Bangun Ruang Sisi Lengkung. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 1-4. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/4423
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.