Efektivitas Pembelajaran Statistika Dasar Melalui Penggunaan Modul Praktikum Statistical Product And Service Solutions ( SPSS ) Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Deril Alfian
Putriyani S
Hafsyah Hafsyah

Abstract

Permasalahan utama dalam penelitian ini adalah bagaimakah efektivitas pembelajaran statistika dasar melalui penggunaan modul praktikum SPSS pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas pembelajaran statistika dasar melalui penggunaan modul praktikum statistical product and service solutions (SPSS) pada program studi pendidikan matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode eksperimen. Alat pengumpulan data yang yang direncanakan terdiri dari 3 komponen yakni; (1) Soal pretest dan soal posttest, (2) Observasi, (3) Angket respon mahasiswa. Penelitian ini difokuskan pada mahasiswa dalam hal ini peneliti dan 3 kelas berjumlah 20 mahasiswa program studi pendidikan matematika yang terdiri dari semester II berjumlah 10 mahasiswa, semester IV berjumlah 3 mahasiswa, dan semester VI berjumlah 7 mahasiswa. Teknik pengumpulan data digunakan dengan melakukan penilaian kinerja terhadap mahasiswa pada saat pelaksanaan modul praktikum yang dilakukan oleh observer. Sebelumnya dilakukan pretest dan pos-test berupa soal uraian untuk mengetahui sejauh mana pemahaman mahasiswa mengenai pembelajaran statistika dasar yang berkaitan modul praktikum SPSS yang telah dilaksanakan. Kemudian diakhir pertemuan akan diberikan angket kepada mahasiswa untuk mendapatkan hasil mengenai respon mahasiswa terhadap kegiatan pembelajaran statistika dasar melalui penggunaan modul praktikum SPSS yang telah dilakukan.

Article Details

How to Cite
Alfian, D., S, P., & Hafsyah, H. (2022). Efektivitas Pembelajaran Statistika Dasar Melalui Penggunaan Modul Praktikum Statistical Product And Service Solutions ( SPSS ) Pada Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang. DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 2(1), 37-51. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/4594
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.