Peningkatan Karakter Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang Melalui Model Problem Project Based Learning (Ppjbl)

Main Article Content

Rosida Putriani S
Nurdin Nurdin
Putriyani S

Abstract

Penelitian peningkatan karakter kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika melalui problem project based learning (PPjBL) pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Semester IV yang dilaksanakan pada bulan Maret-April Di Kampus Universitas Muhamadiyah Enrekang, bertujuan untuk mengetahui apakah karakter kewirausahaan mahasiswa bisa meningkat melalui penerapan PPjBL pada mata kuliah Program Linear. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas (PTK). Penelitian ini menunjukan bahwa penerapan PPjBL pada mata kuliah Program Linear mampu meningkatkan karakter kewirausahaan Mahasiswa Semester IV PRODI Pendidikan Matematika Universits Muhammadiyah Enrekang. Peningkatan karakter kewirausahaan dibuktikan pada hasil tindakan siklus I, dari 10 mahasiswa pada siklus I rata-rata peningkatan karakter kewirausahaan mahasiswa sebesar 76.9%, dimana 3 mahasiswa dalam kriteria Kuat (80%-89%), 6 mahasiswa dalam kriteria Cukup (65%-79%) dan 1 mahasiswa dalam criteria Lemah (55%-64%). Pada siklus II terjadi peningkatan yang cukup signifikan dimana rata-rata peningkatan karakter kewirausahaan mahasiswa sebesar 90.6%,  9 mahasiswa dalam kriteria Sangat Kuat (90%-100%) dan 1 mahasiswa dalam kriteria  Kuat (80%-89%). Model PPjBL yang diterapkan dalam mata kuliah Program Linear sangat efektif menjadi model perkuliaan sehingga mampu meningkatkan karakter kewirausahaan mahasiswa dalam membentuk jiwa entrepreneurshi sejak dini, menciptakan SDM yang unggul dan berkualitas didunia perbisnisan, siap menghadapi persaingan ekonomi dimasa depan serta mampu mciptakan lapangan pekerjaan

Article Details

How to Cite
S, R., Nurdin, N., & S, P. (2022). Peningkatan Karakter Kewirausahaan Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Universitas Muhammadiyah Enrekang Melalui Model Problem Project Based Learning (Ppjbl). DIFERENSIAL: JURNAL PENDIDIKAN MATEMATIKA, 3(1), 52-60. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/diferensial/article/view/4599
Section
Articles

Most read articles by the same author(s)

Obs.: This plugin requires at least one statistics/report plugin to be enabled. If your statistics plugins provide more than one metric then please also select a main metric on the admin's site settings page and/or on the journal manager's settings pages.