Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Enrekang

Main Article Content

Ismaya Ismaya
Madinatul Munawwarah Ridwan
Syahdan Syahdan
Andi Muhammad Aminullah
Nurlaeli Jamaluddin
Elihami Elihami

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui etika pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Enrekang. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif, dengan melakukan kajian literatur terhadap beberapa hasil penelitian tentang pemanfaatan teknologi informasi di perpustakaan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Teknologi Informasi adalah salah satu media yang dapat memudahkan dalam pencarian informasi di perpustakaan Universitas Muhammadiyah Enrekang. Akan tetapi dalam penggunaannya tetap harus memperhatikan beberapa etika, karena menggunakan Teknologi Informasi pada dasarnya adalah kita berhubungan dengan orang lain, dan berhubungan dengan orang lain membutuhkan kode etik tertentu.

Article Details

How to Cite
Ismaya, I., Munawwarah Ridwan, M., Syahdan, S., Aminullah, A. M., Jamaluddin, N., & Elihami, E. (2020). Etika Pemanfaatan Teknologi Informasi di Perpustakaan Universitas Muhammadiyah Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 100-109. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1094
Section
Articles

References

[1] Baker, D.. The Strategic Management Of Technology : A Guide For Library And Information Services. Oxford: Chandos Publishing. Https://Doi.Org/10.1108/Eb054013.
[2] Basuki, Sulistyo. Pengantar Ilmu Perpustakaan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 1993.
[3] Budiman, Ernita Arif, and Elva Ronaning Roem. Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Perpusda Kabupaten Belitung Timur’, Jurnal Ranah Komunikasi. 2019.
[4] Burhanuddin Salam. Etika Sosial “Asas moral dalam kehidupan manusia”. Jakarta: Rineka Cita.
[5] Fahrizandi. Pemanfaatan Teknologi Informasi Di Perpustakaan, Tik Ilmeu : Jurnal Ilmu Perpustakaan Dan Informasi, 4.1 (2020), 63 .Rifai, Agus. Teknologi Media Informasi Di Perpustakaan.
[6] Gordon, R. S. The Accidental Systems Librarian. New Jersey: Information Today, 2003.
[7] Koswara, E. Dinamika Informasi Dalam Era Global. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1998.
[8] Mackellar. The Accidental Librarian. New Jersey: Information Today, 2008.
[9] Mulyadi. Pengelolaan Perpustakaan Digital. Palembang: Noer Fikri, 2016.
[10] Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif kualitatitf dan R&D. Alfabeta: Bandung, 2012.
[11] Surachman, Arif . Implementasi Teknologi Informasi Dan Komunikasi Di Perpustakaan: Suatu Hal Yang Tidak Mungkin Dihindarkan Dalam Era Globalisasi Informasidalam, Seminar Sehari Perpustakaan Sekolah. 2016.
[12] Wahono, Romi Satria. Teknologi Informasi Untuk Perpustakaan Elektronik. 2006.
[13]Yang, S. Q., & Li, L., Emerging Technologies For Librarians: A Practical Approach To Innovation. Practical Art Of Motion Picture Sound. Amsterdam: Elsevier, Zuhrah 2016.