Revitalisasi Nilai Luhur Pancasila sebagai Resonansi Kebangsaan di tengah Derasnya Arus Globalisasi

Main Article Content

Ratih Novi Septian
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Tulisan ini bertujuan untukĀ  membahas mengenai globalisasi yang menyebabkan batas ekonomi dan sosial budaya antar negara terlihat samar sehingga terjadi perubahan pada berbagai aspek kehidupan. Mengetahui dampak-dampak globalisasi yang terjadi di Indonesia dan suatu upaya revitasisasi nilai-nilai pancasila sebagai pemulihan dan penyelesaian dari berbagai permasalahan dan krisis nilai moral yang terjadi. Pancasila yang merupakan dasar Negara serta pandangan hidup bangsa memiliki peran yang penting untuk menyaring segala bentuk nilai yang turut terbawa oleh arus globalisasi. Sehingga nilai-nilai yang terbawa masuk tetap berpedoman kepada kepribadian bangsa Indonesia sendiri. Karena seluruh bangsa di dunia tentunya membutuhkan suatu pandangan hidup untuk mengetahui tujuan dan arah yang akan dicapai dan dapat mengatasi setiap persoalan yang terjadi. Dengan adanya suatu pemahaman yang utuh terhadap ideologi Pancasila, keberagamanĀ  yang ada dalam kehidupan masyarakat tidak membuat bangsa menjadi tercerai-berai, melainkan justru menjadi sebuah kekuatan bangsa dan Negara Indonesia dalamĀ  menghadapi pergaulan dunia yang terjadi.

Article Details

How to Cite
Septian, R. N., & Dewi, D. A. (2021). Revitalisasi Nilai Luhur Pancasila sebagai Resonansi Kebangsaan di tengah Derasnya Arus Globalisasi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 10-20. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1256
Section
Articles

References

Affan, M. H. (2016). Membangun kembali sikap nasionalisme bangsa Indonesia dalam menangkal budaya asing di era globalisasi. Jurnal Pesona Dasar, 3(4).
Alam, B. (2014). Globalisasi dan perubahan budaya: perspektif teori kebudayaan. Antropologi Indonesia.
Asmaroini, A. P. (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.
Irawan, A. D. (2020). NATIONALISM IN A STATE BASED ON PANCASILA. PETITA: JURNAL KAJIAN ILMU HUKUM DAN SYARIAH, 5(2), 84-102.
Latif, Yudi. 2011. Negara Paripurna: Historitas, Rasionalitas dan Aktualitas Pancasila. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama
Mahendra, P. R. A. (2018). Pembelajaran PPKn Dalam Resonansi Kebangsaan dan Globalisasi. Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial, 4(2), 120-126.
Mukhadis, A. (2013). Sosok manusia indonesia unggul dan berkarakter dalam bidang teknologi sebagai tuntutan hidup di era globalisasi. Jurnal Pendidikan Karakter, 2(2).
Moleong, Lexy. J. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya, (2000): 6
Mulyo, Rahardjo (2012). Model Pembelajaran Inovatif. Yogyakarta: Gava Media
Musa, M. I. (2015). Dampak pengaruh globalisasi bagi kehidupan bangsa Indonesia. Jurnal Pesona Dasar, 3(3).
Musianto (2002). Perbedaan Pendekatan Kuantitatif dengan Pendekatan Kualitatif dalam Metode Penelitian. Puslit Petra: Jurnal Manajemen dan Kewirausahaan, 04. 123-136
Nahak, H. M. (2019). Upaya melestarikan budaya indonesia di era globalisasi. Jurnal Sosiologi Nusantara, 5(1), 65-76.
Pranoto, E. (2018). Pembangunan Sistem Hukum Ekonomi Indonesia Berlandaskan Pada Nilai Pancasila Di Era Globalisasi. Jurnal Spektrum Hukum, 15(1), 89-111.
Yudanegara, H. F., & Sos, S. (2015). Pancasila sebagai filter pengaruh globalisasi terhadap nilai-nilai nasionalisme. Jurnal Ilmu Administrasi CENDEKIA, 8(2).