Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Peer Tutoring Di Sekolah Dasar

Main Article Content

Irman Syarif
Elihami Elihami
Gusniyati Buhari

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan rasa percaya diri belajar peserta didik  kelas V SD Negeri 149 Lumbaja semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Subjek dalam Penelitian adalah guru kelas V dan peserta didik kelas V SDN 149 Lumbaja Kecamatan Baroko yang terdaftar dan aktif pada semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020 dengan jumlah peserta didik 32. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan empat kali pertemuan dengan tiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Instrument penelitian yang digunakan adalah lembar observasi yang terdiri atas 2 jenis yang diperuntukan untuk mengukur indikator capaian proses penggunaan strategi Peer Tutoring dan indikator capaian rasa percaya diri. Capaian proses menggunakan lembar observasi guru dan lembar observasi peserta didik. Hasil penelitian menunjukan bahwa persentase capaian proses belajar siswa pada siklus I pertemuan pertama mencapai 83,33% dan pertemuan kedua dengan persentase 88,88% mengalami peningkatan pada siklus II pertemuan pertama dengan persentase 94,44% dan 100% untuk pertemuan kedua. Persentase capaian proses belajar siswa yang mengalami peningkatan di setiap siklus di ikuti peningkatan rasa percaya diri dengan persentase 65,00% pada siklus I mengalami peningkatan pada siklus II dengan capaiaan persentase 93,75 % di siklus II.

Article Details

How to Cite
Syarif, I., Elihami, E., & Buhari, G. (2021). Mengembangkan Rasa Percaya Diri Melalui Strategi Peer Tutoring Di Sekolah Dasar. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 69-77. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1262
Section
Articles

References

Alif, S., Irwan, A., & Elihami, E. (2020). Forming Characters Of Early Children In Non-Formal Education Units. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 88-94.
Elihami, E., & Syarif, I. (2017, November). Leadership Management And Education Planning: Developing The Entrepreneurship Training Of Islamic Education. In International Conference On Education (Vol. 1, No. 1).
Elihami, E., Nurdin, N., Syam, N. I., Saidang, S., & Mustakim, M. (2020). THE USEFULNESS OF EDUCATIONAL MEDIA FOR TEACHING EVALUATION. Journal of Critical Reviews, 7(9), 657-661.
Maryono, M., & Budiono, H. (2019). Penerapan Model Project Based Learning Berbantuan Peer Tutoring Pada Pembelajaran Konsep Dasar IPA untuk Meningkatkan 4Cs Skills Mahasiswa Pendidikan Guru Sekolah Dasar. Jurnal Gentala Pendidikan Dasar, 4(2), 176–189. https://doi.org/10.22437/gentala.v4i2.7918.
Mawarni, E., & Mulyani, B. (2015). Penerapan Peer Tutoring Dilengkapi Animasi Macromedia Flash Dan Handout Untuk Meningkatkan Motivasi Berprestasi Dan Prestasi Belajar Siswa Kelasxi Ipa 4 Sman 6 Surakarta Tahun Pelajaran 2013/2014 Pada Materi Kelarutan Dan Hasil Kali Kelarutan. 4(1), 9.
Rahmadani, W. C., As’ari, A. R., & Rahardjo, S. (n.d.). Pengembangan Lembar Kegiatan Siswa Bercirikan Strategi Generatif Dengan Pembelajaran Pmii Tipe Classwide Peer Tutoring. 9.
Rivaldi, D., Megayanti, T., & Aryanti, T. (2020). Digital peer tutoring in engineering education. IOP Conference Series: Materials Science and Engineering, 830, 042070. https://doi.org/10.1088/1757-899X/830/4/042070.
Sahnan, M., Amrina, Z., & Albi Asmira. (n.d.). Peningkatan Minat Siswa Dalam Pembelajaran Ips Melalui Model Cooperative Strategi Peer Tutoring Di Kelas V Sd Kartika 1-11 Padang. 9.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). PEMBERDAYAAN MASYARAKAT MELALUI KEGIATAN PORSENI DI PAROMBEAN. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 118-125.
Syarif, I., & Elihami, E. (2020). Pengadaan Taman Baca dan Perpustakaan Keliling sebagai Solusi Cerdas dalam Meningkatkan Minat Baca Peserta Didik SDN 30 Parombean Kecamatan Curio. MASPUL JOURNAL OF COMMUNITY EMPOWERMENT, 1(1), 109-117.
Syarif, I., & Rahmat, R. (2018). Penerapan Model Brain-Based Learning Terhadap Peningkatan Karakter Peserta Didik Krg/10.33487/edumaspul.v1i1.40.
Syarif, I., & Syaparuddin, S. (2018). Implementasi Pembelajaran Berbasis Masalah Pada Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ips Kelas Iv. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 1(1), 48–60. https://doi.oakarta: Rineka Cipta.
Syaparuddin, S., & Elihami, E. (2020). Peningkatan Motivasi Belajar Siswa Melalui Video pada Pembelajaran PKn di Sekolah Paket C. Jurnal Edukasi Nonformal, 1(1), 187-200.
Wardiyanto, W., Hasnidar, H., & Elihami, E. (2020). The Role of Muhammadiyah Education in Dealing with Bid’ah: E-Learning about Al-Islam and Kemuhammadiyahan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 71-79.
Zain, A Dkk. 2013. Strategi Belajar Mengajar. Jelas Ii Sekolah Dasar. Edumaspul - Jurnal Pendidikan, 2(2), 87–90. https://doi.org/10.33487/edumaspul.v2i2.13.
Khalik, M. F., Asbar, A., & Elihami, E. (2020). THE QUALITY OF HUMAN RESOURCE IN ENREKANG DISTRICT. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 63-71.