Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK

Main Article Content

Nabila Ratri Widya Astuti
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

 Memasuki zaman yang semakin modern kehidupan kini mengacu pada dunia digital, begitu pula dengan ilmu pengetahuan dan teknologi (IPTEK). Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi tersebut membuat perubahan yang besar bagi kehidupan setiap orang di dunia tak terkecuali rakyat Indonesia, setiap individu berupaya untuk terus menumbuhkembangkan kemampuan kemampuan literasi teknologi. Perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang ada saat ini selain dapat memberikan dampak positif dan berbagai kemudahan untuk kehidupan manusia, tak bisa kita pungkiri juga perkembangan IPTEK ini juga dapat mendatangkan berbagai hal-hal yang negatif. Oleh karena itu IPTEK perlu menyesuaikan dan mempertimbangkan nilai-nilai ideologi bangsa dalam pengembangnya baik dari aspek nilai agama maupun budaya semua haruslah relevan dan senantiasa mengacu pada nilai-nilai luhur bangsa agar tidak merugikan manusia dan merusak sendi-sendi kehidupan bangsa. Pancasila yang mana merupakan  dasar negara dan pandangan hidup bangsa mengandung nilai-nilai luhur yang dipercaya sebagai perisai pelindung bangsa tentunya juga harus ikut berperan dalam menghadapi kemajuan IPTEK.

Article Details

How to Cite
Astuti, N. R. W., & Dewi, D. A. (2021). Pentingnya Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Menghadapi Perkembangan IPTEK. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 41-49. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1263
Section
Articles

References

Amir, Syarifuddin. 2013. Pancasila As Integration Philosophy of Education and National Character. International Journal of Scientific & Technology Research. Volume 2, Issue 1, January 2013.
Budimansyah, Dasim. 2010. Penguatan Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Membangun Karakter Bangsa. Bandung: Widya Aksara Press.
Direktorat Pembelajaran dan Kemahasiswaan Dikti. (2016). Pendidikan Pancasila. Jakarta : DIKTI.
Emzir,M. (2012). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data. Jakarta. Raja
Grafindo.
Kaelan. (2000). Pendidikan Pancasila Edisi Reformasi. Yogyakarta : Paradigma.
Maemunah. 2018. Kebijakan Pendidikan pada Era Revolusi Industri 4.0. Prosiding Seminar Nasional. Lembaga Penelitian Dan Pendidikan (LPP) Mandala.
Pangeran Alhaj S.T.S dan Surya Partia Usman, 1995. Materi Pokok Pendekatan Pancasila. Jakarta; Universitas Terbuka Depdikbud.
Setiady Elly M. (2003). Panduan Kuliah Pendidikan Pancasila, Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.
Sulaswati, Anny. (2009). Perkembangan IPTEK, Lingkungan dan Budaya Bangsa. Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia.
Sung, T.K. (2017). Industri 4.0: a Korea perspective.Technological Forecasting and Social Change Journal, 1-6.
Tjandrawina, R.R. (2016). Industri 4.0: Revolusi Industri Abad Ini Dan Pengaruhnya Pada Bidang Kesehatan dan Bioteknologi. Jurnal Medicinus, Vol 29, Nomor 1, Edisi April.
Wahab, Abdul Azis. (2001). Implementasi dan Arahan Perkembangan Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education) di Indonesia. Bandung : Civicus J Jurnal Ilmu Politik, Hukum dan PKn Edisi I