Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat

Main Article Content

Vioreza Dwi Yunianti
DinieAnggraeni Dewi

Abstract

Pancasila merupakan pedoman serta rumusan kehidupan berbangsa dan bernegara bagi seluruh masyarakat Indonesia. Nama Pancasila sendiri di ambil dari Bahasa Sansekerta yaitu kata Panca yang artinya lima dan kata Sila yang berarti prinsip atau asas.


Tujuan di buatnya tulisan ini yaitu untuk memaparkan apa saja nilai-nilai yang tercantum dalam Pancasila dan bagaimana cara menerapkan nilai-nilai yang terdapat dalam Pancasila tersebut. Hasil dari pembahasan tulisan ini terdapat sejarah terbentuknya Pancasila yang sampai saat ini masih digunakan sebagai dasar hukum negara dan pedoman hidup masyarakat Indonesia. Lalu  setelah sejarah terbentuknya Pancasila, terdapat juga fungsi,dan peranan Pancasila, kemudian yang terakhir terdapat nilai-nilai Pancasila yang mana di setiap butir sila tersebut dapat diterapkan didalam kehidupan bermasyarakat.  

Article Details

How to Cite
Yunianti, V., & Dewi, D. (2021). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila dalam Kehidupan Bermasyarakat. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 107-112. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1298
Section
Articles