Implementasi Nilai-Nilai Pancasila sebagai Pedoman Generasi Milenial dalam Bersikap di Media Sosial
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini ditulis untuk mengetahui pentingnya implementasi Pancasila dalam berkehidupan di tengah perkembangan teknologi informasi komunikasi termasuk berinteraksi di media sosial. Generasi milenial di Indonesia sebagai pengguna media sosial terbesar nyatanya tidak mengimplementasikan nilai-nilai Pancasila dalam bersikap dan berperilaku di media sosial. Metodologi penelitian yang digunakan berupa metode kualitatif hasil dari studi kepustakaan dengan menganalisa berbagai sumber dari seperti jurnal, artikel, dan buku. Penulis memaparkan fenomena yang menunjukkan rendahnya implementasi nilai-nilai Pancasila oleh generasi milenial di media sosial yang dibuktikan melalui hoax, ujaran kebencian, dan diskriminasi yang masih dilakukan masyarakat Indonesia. Pancasila sebagai pandangan hidup bangsa sudah seharusnya diamalkan sebagai pedoman dalam bersikap dan berperilaku dalam kehidupan sehari-hari termasuk di dalam media sosial.
Article Details
References
Anggito, A., & Setiawan, J. (2018). Metodologi penelitian kualitatif. Sukabumi: CV Jejak (Jejak Publisher)
Asmaroini, AP (2017). Menjaga eksistensi Pancasila dan penerapannya bagi masyarakat di era globalisasi. JPK: Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 1(2), 50-64.
Candra, DA. (2017). Kesepian dan Intensitas Penggunaan Media Sosial pada Mahasiswa. Undergraduate (S1) thesis, University of Muhammadiyah Malang.
Fahrimal, Y. (2018). Netiquette: Etika Jejaring Sosial Generasi Milenial Dalam Media Sosial. Jurnal Penelitian Pers Dan Komunikasi Pembangunan, 22(1), 69-78.
Faiza, A dan Firda, SJ. (2018). Arus metamorfosa millennial. Kendal: Penerbit Ernest.
Hadi, A. (2019). Moralitas Pancasila dalam Konteks Masyarakat Global: Mengkaji Pendidikan Kewarga negaraan untuk Penguatan Nilai Moral dalam Konteks Globalisasi. Jurnal Intelektualita: Keislaman, Sosial dan Sains, 8(2), 123-138.
Juditha, C. (2018). Interaksi Komunikasi Hoax di Media Sosial serta Antisipasinya. Jurnal Pekommas, 3(1), 31-41
Lesmana GN. (2012) Tesis: Analisis Pengaruh Media Sosial Twitter Terhadap Pembentukan Brand Attachment, Studi: PT. XL AXIATA), Program Magister Manajemen, Fakultas Ekonomi, Universitas Indonesia.
Sa’idi R. (2017). Urgensi Kemajemukan dan Toleransi di Era Demokrasi. Jurnal TAPIs (Teropong Aspirasi Politik Islam), 13(2), 74-90
Sari, S. (2019). Literasi Media pada Generasi Milenial di Era Digital. Profesional: Jurnal Komunikasi dan Administrasi Publik, 6(2), 30-42.
Salman. (2017). Media Sosial sebagai Ruang Publik. Jurnal Bisnis Komunikasi, 4(2), 124-131
Suryatni, L. (2018). Komunikasi Media Sosial dan Nilai-NIlai Budaya Pancasila. Jurnal Sistem Informasi, 5(1), 117-133
Winurini, S. (2014). Media Sosial dan Tantangan Mewujudkan Masyarakat yang Sehat : Info Singkat Kesejahteraan Sosial, Vol. 6, No. 21/I/P3DI/November 2014. 9 – 12.
Yanto, D. (2016). Pengamalan Nilai-Nilai Pancasila Sebagai Pandangan Hidup dalam Kehidupan Sehari-Hari. ITTIHAD, 14(25): 35-45