Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila

Main Article Content

Ai Nurul Nurohmah
Dini Anggraeni Dewi

Abstract

Wabah penyakit covid-19  menyebabkan lumpuhnya kehidupan di dunia. Adanya virus covid-19 menyebabkan perubahan dalam segala aspek kehidupan, yaitu aspek sosial, aspek politik, aspek budaya, dan aspek ekonomi. Bahkan, wabah virus covid-19 ini berpengaruh banyak pada bidang pendidikan. Hal ini  tentu saja menyebabkan munculnya kebijakan baru dalam dunia pendidikan. Belajar mengajar saat ini seolah berbeda, yang harusnya melakukan belajar tatap muka secara langsung tetapi harus tetap dirumah dan melakukan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).  Seorang siswa seolah kehilangan seorang suri tauladan mereka yaitu seorang guru Tentu hal ini mengakibatkan lunturnya nilai moral dan karater dalam diri siswa. Hal ini menyebabkan penurunan moral pada anak saat ini. Berbagai kasus yang ada bisa menjadi sebuah fakta bahwa generasi saat ini tengah di ujung jurang kehancuran, karena merosotnya moral anak bangsa yang seharusnya  menjadi generasi penerus bangsa.


Mengatasi problematika di atas, perlunya penguatan dan penanaman nilai-nilai yang dapat menumbuhkan sikap positif yang dapat menyelesaikan berbagai permasalahan yang ada.   Pendidikan dan penanaman pancasila sangatlah penting untuk kita implementasikan agar terbentuknya generasi yang mempunyai nilai moral dan karakter yang bermutu. Sehingga generasi muda nanti mampu terjun ke lapanganmasyarakat dengan memiliki etika, moral, tata karma, sopan santun dalam menjalankan kehidupan berbangsa dan bernegara.  Oleh karena itu, sangat perlu pengimplementasian nilai-nilai panacasila pada siswa di masa pandemi seperti ini, guna memperbaiki nilai karakter dan moral pada anak bangsa.

Article Details

How to Cite
Nurohmah, A. N., & Dewi, D. A. (2021). Penanaman Nilai Moral dan Karakter di Era Pandemi melalui Pendidikan dengan Mengimplementasikan Nilai-Nilai Pancasila. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 119-127. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1305
Section
Articles

References

Ahmad, Raden. 2016. Strategi Penanaman Nilai-Nilai Pendidikan Islam Pada Peserta Didik. Jakarta: Pt Sinar Grafika, 2006.
Anugrahana, Andri. 2020. Hambatan, Solusi Dan Harapan: Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi Covid-19 Oleh Guru Sekolah Dasar. Pgsd Universitas Sanata Dharma

Azhar. 2018. Penerapan Nilai-Nilai Moral Dan Karakter Dalam Ppkn Di Smp Darul Hikmah Mataram. Civicus Dan Pendidikan Pancasila Dan Kewarganegaraan. Vol 6 (1).
Bahri, Saiful. 2015. Implementasi Pendidikan Karakter Dalam Mengatasi Krisis Moral Di Sekolah. Ta’allum. Vol 3 (1).
Fatiha, Nurul. 2020. Kemerosotan Moral Siswa Pada Masa Pandemic Covid 19: Meneropong Eksistensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jurnal Pendidikan Agama Islam. Vol. 1, No. 2.

Handitya, Binov. 2019. Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. Dil Indonesia Jurnal. Volume 2 Nomor 1.

Maftuh, Bunyamin. 2008. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Jurnal Educationist. Volume 2 (2).
Murdiono, Mukhamad. 2008. Metode Penanaman Nilai Moral Untuk Anak Usia Dini.Jurnal Kependidikan. Volume 38, Nomor 2.

Nelliani, M.Pd. 2020. Pandemi, Pembelajaran Digital Dan Ancaman Moralitas. Https://Www.Ajnn.Net/News/Pandemi-Pembelajaran-Digital-Dan-Ancaman-Moralitas/Index.Html.
Nurizka, Rian. 2020. Internalisasi Nilai-Nilai Pancasila Dalam Membentuk Karakter
Siswa Melalui Budaya Sekolah. Volume 7 Nomor 1. Elementary School 7 (2020) 38-49
E-Issn 2502-4264.

Rachmah, Huriah. 2013. Nilai-Nilai Dalam Pendidikan Karakter Bangsa Yang
Berdasarkan Pancasila Dan Uud 1945. E-Journal Widya Non-Eksakta. Volume 1 Nomor 1.

Ratu, Dian. 2020. Pendidikan Dalam Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Sinestesia. Vol. 10,No.1.

Syah Putra, Arman. 2020.Paradigma Belajar Mengaji Secara Online Pada Masa Pandemic Coronavirus Disease 2019 (Covid-19). Mataazir: Jurnal Administrasi Dan Manajemen Pendidikan. Volume I No I.

Windi Siti. 2020. Pendidikan Karakter Sebagai Upaya Mengatasi Degradasi Moral. Prosiding Seminar Nasional Inovasi Pendidikan Inovasi Pembelajaran Berbasis Karakter Dalam Menghadapi Masyarakat Ekonomi Asean.

Yoga, I Putu. 2020. Pendidikan Karakter Di Lingkungan Keluarga Selama Pembelajaran Jarak Jauh Pada Masa Pandemi Covid-19 .Jurnal Ilmu Pendidikan. Vol. 3 No. 2.

Yuni, Eta. 2019. Menumbuhkan Kesadaran Nasionalisme Generasi Muda Di Era Globalisasi Melalui Penerapan Nilai-Nilai Pancasila. Adil Jurnal Indonesia. Vol 1 (1).