Pengimplementasian Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sosial dan Budaya di Indonesia

Main Article Content

Salshabila Febrianti Sukmana
Dinie Anggraeni Dewi

Abstract

Kajian riset ini memakai tata cara kualitatif ataupun pendekatan secara deskriptif dimana teori kajian ataupun dasar pembahasannya diperoleh dari hasil studi kepustakaan dengan berbagai sumber seperti jurnal, buku dan artikel. Yang bertujuan untuk mendeskripsikan dan mengetahui bagimana pengimplementasian nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sosial dan budaya yang terdapat di Indonesia. Pengimplementasian sosial dan budaya yang terdapat pada masyarakat Indonesia merupakan sebuah wujud dari kelengkapan nilai, tatanan sosial, dan tata prilaku yang terdapat pada manusia Indonesia  yang dapat melahirkan pandanga  hidup dan nilai kefalsafahan negara yang berlandaskan Pancasila ke dalam segala aspek kehidupan berbangsa dan bernegara yang pengimplementasiannya haruslah merupakan wujud dari nilai Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945.

Article Details

How to Cite
Sukmana, S. F., & Dewi, D. A. (2021). Pengimplementasian Nilai Pancasila dalam Kehidupan Sosial dan Budaya di Indonesia. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 128-134. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1306
Section
Articles

References

Ade, L. P. dkk (2020). Implementasi Pancasila dalam Pembangunan dibidang Pendidikan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajran Dasar. 7 (1).
Agus Subagyo. (2020). Implementasi Pancsila Menangkal Intoleransi Radikalisme dan Terorisme. Jurnal Keilmuan PKN, 6 (1).
Agus, S. (2015). Meneguhkan Pancasila Sebagai Filsafat Pendidikan Nasional. Jurnal Ilmiah CIVIS. 5 (1).
Agustinus, W. D. (2015). Pancasila Sebagai Pondasi Pendidikan Agama. Jurnal ilmiah CIVIS. 5 (1).
Ambiro, P. A. (2017). Menjaga Eksistensi Pancasila dan Penerapannya Bagi Masyarakat di Era Globalisasi. JPK. Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan. 1 (2).
Ani, S. R (2017). Pendidikan Pancasila dan Pendidikan Kewarganegaraan (PPKn). Jakarta: PT Bumi Aksara.
Bunyamin, M. (2008). Internalisasi Nilai-nilai Pancasila dan Nasionalisme Melalui Pendidikan Kewarganegaraan. Educationist, 2 (2).
Eko, A. M, dkk (2016). Pembuktian Kekuatan Hubungan Antara Nilai-nilai Pancasila dengan Kewarganegaraan. Jurnal Ilmiah Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan, 1 (1).
H. Ahmad, M. dkk. (2007). Pendidikan Pancasila. Universitas Gunadarma.
Huriah, R (2013). Nilai-nilai dalam Pendidikan Karakter Bangsa yang Berdasarkan Pancasila dan UUD1945. E-Journal WIDYA Non-Ekstra, 1 (1).
Ilham, S. J. dkk (2019). Persepsi Mahasiswa Terhadap Fungsi Pancasila Sebagai Weltanschauung dalam Upaya Mengatasi Merosotnya Nilai Kebangsaan. ELSE (Elementary School Education Journal). 3 (2).
Oksep, A (2015). Implementasi Nilai-nilai Pancasila Sebagai Dasar Negara dalam Pembentukan Peraturan Perundang-Undangan. Jurnal Ilmu Hukum. 5 (2).
Indah, A. K. (2019). Memahami nilai-nilai Pancasila dan Penerapannya. INA-Rxiv.
Sutan, S. Z. (2016). Aktualisasi Nilai-nilai pancasila sebagai Dasar Falsafah Negara dan Implementasinya dalam Pembangunan Karakter Bangsa. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial. 26 (2).
Wahyu, W (2015). Pelaksanaan Pilkada Berdasarkan Asas Demokrasi dan Nilai-Nilai Pancasila. Jurnal Ilmiah CIVIS, 5 (1)