Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyiapkan Lulusan SMK Sebagai Tenaga Kerja Profesional Melalui Program COE (CENTER OF EXCELLENCE) di SMKS Muhammadiyah BungoroTahun Pelajaran 2020/2021

Main Article Content

Anis Pacinongi

Abstract

Artikelini bertujuan meningkatkan kemampuan guru dalam menyiapkan lulusan SMK sebagai tenaga kerja profesional melalui program COE (Center Of Excellence) di SMKS Muhammadiyah Bungoro Tahun 2020”.Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah (School Action Research), karena penelitian dilakukan untuk memecahkan masalah proses pembelajaran di sekolah. Penelitian ini menggambarkan bagaimana suatu teknik pembelajaran diterapkan dan bagaimana hasil yang diinginkan dapat dicapai.Penelitian ini mengambil bentuk penelitian tindakan sekolah (PTS) yaitu peningkatan kinerja guru melalui kunjungan kelas dalam rangka mengimplementasikan standar proses, yang terdiri dari 2 siklus dan masing- masing siklus terdiri dari 4 tahap yaitu : (1) tahap perencanaan program tindakan,(2) pelaksanaan program tindakan, (3) pengamatan program,(4) refleksi. lihat dari hasil observasi keberhasilan program COE (Center Of Excellence) dalam menyiapkan lulusan SMK sebagai tenaga kerja profesional siklus I, II, dan III pertemuan ke  skor penilaian yang di peroleh masing-masing guru hasilnya adalah sekitar 50-55 artinya keberhasilan program COE (Center Of Excellence) dalam menyiapkan lulusan SMK sebagai tenaga kerja profesional baik.


 

Article Details

How to Cite
Pacinongi, A. (2021). Meningkatkan Kemampuan Guru dalam Menyiapkan Lulusan SMK Sebagai Tenaga Kerja Profesional Melalui Program COE (CENTER OF EXCELLENCE) di SMKS Muhammadiyah BungoroTahun Pelajaran 2020/2021. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(1), 245-258. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/1766
Section
Articles

References

Arikunto, Manajemen Pendidikan, Yogyakarta: Aditya Media, 2009.

Arikunto, Suharsimi, 2004, Dasar-dasar Supervisi, Jakarta, PT. Rineka Cipta.

Baharuddin Harahap, Supervisi Pendidikan, Jakarta: CV Damai Jaya, 1985.

Hadari Nawawi, Administrasi Pendidikan, Jakarta: PT Gunung Agung, 1994.

Haryanto, Edy. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi: Konsep dan Perkembangannya. Pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran.

Kasianto, I Wayan 2004 Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa dengan Pendekatan Diskusi Kelompok.Laporan Penelitian Kelas. Tidak dipublikasikan.

Muid, F. (2003). Standar Pelayanan Pendidikan. Badan Diklat Depdagri & Diklat Depdiknas.

Mukhtar dan Iskandar, Orientasi Baru Supervisi Pendidikan, Jakarta: Gaung Persada Press, 2009.

Pandong, A. (2003). Jabatan Fungsional Pengawas. Badan Diklat Depdagri & Diklat Depdiknas.

Piet A. Sahertian, Konsep Dasar dan teknik Supervisi Pendidikan, Jakarta: Rineka Cipta, 2000.

Rusyan Tabrani. 2001. Pendekatan dalam Proses Belajar Mengajar. Bandung Remaja Rosdakarya.Sarman.

Samsuni S.Pd. 2005.Implementasi Pendekatan Works Based Learning pada Sumber Belajar Masyarakat dalam Pembelajaran PS-Ekonomi.Laporan Penelitian Tindakan Kelas. Banjarmasin. Tidak dipublikasikan.

Sumber : Pengenalan Teknologi Informasi , “Abdul kadir dan Terra Ch Triwahyuni, Penerbit Andi.

Sumber:http://id.shvoong.com/society-and-news/2012515-pengertian-teknologi-informasi/#ixzz27wApJEYJ

Sutrisno Hadi, 2000. Metodelogi Penelitian. Yogyakarta: Andi