Upaya Meningkatkan Keterampilan Siswa dalam Berbahasa Inggris dengan Menggunakan Metode Sosiodrama di Kelas X IPS-1 MAN 1 Medan
Main Article Content
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berbahasa Inggris melalui metode sosiodrama di kelas X MAN 1 Medan.Pendekatan yang dilakukan pada penelitian dengan pendekatan secara teoritis. Teknik Pengumpulan data adalah melalui data kualitatif yang diperoleh dari observasi, maupun pengamatan. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian ini adalah menganalisa data dalam bentuk narasi cerita dan tidak menganalisisnya dengan menggunakan rumus statistika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode sosiodrama pada materi memperkenalkan diri sendiri untuk orang lain sudah mendapatkan peningkatan ketrampilan siswa dalam berbahasa inggris.Peningkatan ketrampilan siswa dalam berbahasa inggris sudah terlihat peningkatannya dan siswa sudah mampu mengidentifikasi simple present, personal pronouns, objective pronouns, possessive pronouns. Meningkatnya kemampuan siswa dalam berbahasa inggris dan meningkatkan mutu pendidikan di MAN 1 Medan.
Article Details
References
Bintang Aksara Putra, 2012. Drama Teori Dan Pementasan, Yogyakarta: Citra Aji Parama.
Deddy Mulyana,2004. Metodelogi Penelitian Kualitatif, Bandung: Remaja Rosdakarya.Google.com/amp/s/kbbi.
Hardani, dkk, 2016. Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif, Yogyakarta: Pustaka Ilmu Grup,
Istarani, 2014. Penelitian Tindakan Kelas, Medan: Media Persada.
Nana Syaodih Sukmadinata, 2010. Metode Penelitian Pendidikan, Bandung: Remaja Rosadakarya.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 57 Tahun 2021 Tentang Standar Nasional Pendidikan.
Syaiful Bahri Djamarah dan Aswan Zain,2002. Strategi Belajar Mengajar, (Jakarta: Renika Cipta.
Wina Sanjaya, 2007. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. (Jakarta : Kencana Prenada Media Group.