Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode Cooperative Learning

Main Article Content

M. Choiruddin

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa mengenai materi mata pelajaran Fiqig dengan menggunakan metode pembelajaran Cooperative Learning di kelas XI IIK-1 MAN 1 Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XI IIK-1 dengan jumlah 36 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pra siklus untuk mengetahui hasil belajar Fiqih siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning. Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar Fiqih siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pra siklus terdapat sebanyak 6 orang siswa (16,6 %) mendapat nilai tuntas belajar dan 30 orang siswa (83,4 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 66,4. Pada siklus I diperoleh 15 orang siswa (41,6 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan 21 orang siswa (58,4 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 72,2. Dan Pada siklus II diperoleh 31 orang siswa (86,1 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan sebanyak 5 orang siswa (13,9 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 81,8. Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penggunaan metode pembelajaran Cooperative Learning dapat meningkatkan hasil belajar Fiqih siswa pada di kelas XI IIK-1 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2017/2018.

Article Details

How to Cite
Choiruddin, M. (2021). Upaya Peningkatan Hasil Belajar Fiqih melalui Metode Cooperative Learning. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 57-62. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/2369
Section
Articles

References

Agus Suprijono. 2013. Cooperative Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta : Pustaka Pelajar.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Isjoni. 2013. Cooperative Learning Efektifitas Pembelajaran Kelompok. Bandung: Alfabeta.

Miftahul Huda. 2011. Cooverative Learning. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Nana Sudjana. 2010. Penilaian hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Oemar Hamalik. 2010. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Ratna Wilis Dahar. 2010. Teori-Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Rusman. 2011. Model-Model Pembelajaran Mengembangkan Profesionalisme Guru. Jakarta : Raja Grafindo Persada.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

S. Nasution. 2009. Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar Jakarta: Bumi Aksara.

Sobry Sutikno. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Bandung : Prospeet.