Hubungan Perhatian Orang tua dengan Hasil Belajar IPS Siswa Kelas VII SMP pada Masa Covid-19
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tuan dengan hasil belajar IPS siswa Kelas VIII pada masa pandemic Covid-19 di UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja. Metode penelitian yang dilakukan menggunakan paradigma deskriptif korelasi antara variabel prediktif dan variabel kriteria. Subjek penelitian yang dilibatkan adalah sebanyak 28 orang siswa yang dipilih secara purposive sampling dengan pertimbangan siswa yang tinggal bersama dengan orang tua. Hasil penelitian menunjukkan nilai sig.(2-sided) sebesar 0,035. Koefisien ini lebih kecil dari taraf signifikansi sebesar 0,05. Kesimpulannya yaitu hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis alternatif (Ha) diterima. Artinya terdapat hubungan yang signifikan antara perhatian orang tua dengan hasil belajar IPS siswa kelas VIII pada masa pandemi Covid-19 di UPTD SPF SMP Negeri 4 Liliriaja.
Article Details
References
Marsudi, S, dkk. 2011. Landasan Pendidikan. Surakarta: FKIP-UMS.
Soemanto, W. 2012. Psikologi Pendidikan: Landasan Kerja Pimpinan Pendidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Sudrajat, M. 1985. Statistika Nonparametrik. Bandung: CV.Armico.
Sugiyono. 2001. Statistik Nonparametris. Bandung: Alfabeta.
Suryabrata, S. 2014. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rajawali Press.
Suyanto, A. 2001. Psikologi Umum. Bandung: Remaja Rosdakarya.