Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnaments (TGT)

Main Article Content

Dewi Arisanti

Abstract

Penelitian Tindakan Kelas bertujuan untuk meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengenai materi rangkaian kapasitor mata pelajaran Fisika dengan  menerapkan model pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnament (TGT)  di kelas XII MIA-1 MAN 1 Medan. Subjek penelitian adalah siswa kelas XII MIA-1 dengan jumlah 43 orang siswa. Penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas yang terdiri dari II siklus, siklus I dan siklus II. Sebelum dilakukan tindakan pada siklus I peneliti melakukan pre test untuk mengetahui aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa. Penelitian ini menggunakan desain PTK dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnament (TGT). Data dikumpulkan dengan menggunakan tes dan observasi. Untuk mengetahui perubahan hasil belajar Fisika siswa. Data dianalisis dengan menggunakan persentase analisis kualitatif. Berdasarkan analisis data diperoleh bahwa pada saat pre test terdapat sebanyak 15 orang siswa (34,1 %) mendapat nilai tuntas belajar dan 29 orang siswa (65,9 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 62,8. Pada siklus I diperoleh 23 orang siswa (52,3 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan 21 orang siswa (47,7%) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 69,5. Dan Pada siklus II diperoleh 41 orang siswa (93,2 %) mendapatkan nilai tuntas belajar dan sebanyak 3 orang siswa (6,7 %) mendapatkan nilai tidak tuntas belajar dengan nilai rata-rata 78,3 Dengan demikian, maka dapat disimpulkan bahwa dengan penerapan model pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnament (TGT)  dapat meningkatkan aktivitas dan hasil belajar Fisika siswa mengenai rangkaian kapasitor di kelas XII MIA-3 MAN 1 Medan Tahun Pelajaran 2018/2019.

Article Details

How to Cite
Arisanti, D. (2021). Upaya Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Fisika melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Games Turnaments (TGT). EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 3(2), 112-120. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/2547
Section
Articles

References

Arikunto. 2006. Penelitian Tindakan Kelas. Medan : Bumi Aksara.

Aqib, Z. dkk. 2006. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru. Bandung: Yrama Widya.

Buzan, Tony. 2008. Buku Pintar Mind Map. Jakarta : PT. Gramedia Pustaka Utama.

Djamarah dan Zain. 2002. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.
Hamalik O. 2001. Proses Belajar Mengajar. Medan : Bumi Aksara.

Purwanto. 2011. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta : Pustaka Belajar.

Sardiman, A.M. 2009. ”Inetaksi dan Motivasi Belajar Mengajar”. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Sudjana, Nana. 2003. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung : Remaja Rosadakarya.

Uno. B, Hamzah. 2008. Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.