Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Menulis Melalui Penulisan Surat pribadi sesuai Ejaan yang Disempurnakan

Main Article Content

Hj. Rosmawati

Abstract

Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) yang bertujuan untuk Meningkatkan hasil Belajar Bahasa Indonesia siswa melalui Penulisan Surat Pribadi pada Siswa kelas III SD Inpres Mattirowalie Kec. Barru Rilau Kab. Barru. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III SD Inpres Mattirowalie Kec. Barru Kab. Barru Tahun pelajaran 2019 / 2020 sebanyak 23 orang, yang terdiri dari atas 10 orang laki – laki dan 13 oarang siswa perempuan. Siklus I dilaksanakan selama 2 ( dua ) kali pertemuan dan siklus ke-II juga dilaksanakan 2 ( dua ) kali pertemuan . Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes hasil belajar siswa dan lembar observasi aktivitas siswa . Data yang terkumpul dianalisis dengan mengunakan analisis Kuantitatif dan Kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan : ( 1 ). Nilai rata – rata hasil belajar Bhs Indonesia pada siklus I sebesar 47,83 % dari skor ideal yang mungkin dicapai yaitu 100 dengan standa Deviasi 12,37 berada pada kategori tinggi, ( 2 ). Terjadi peningkatan kehadiran siswa mengikuti pelajaran (97,77%), keaktifan siswa dalam mengajukan pertanyaan, tanggapan atau komenter (42,23%). (3). Keaktifan siswa menjawab pertanyaan lisan guru atau temannya ( 34,43 ). ( 4 ). Keaktifan siswa mengajukan diri mengerjakan soal di papan tulis (23,33%, (5). Keaktifan siswa tampil menyelesaikan soal di papan tulis ( 22,23% ), ( 6 ). Keaktifan siswa dalam diskusi kelompok ( 42,23% ). Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya Penulisan Surat Pribadi dalam pembelajaran Bhs. Indonesia siswa kelas III SD Inpres Mattirowalie Kec. Barru  Kab. Barru dapat ditingkatkan.

Article Details

How to Cite
Rosmawati, H. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Bahasa Indonesia Pada Aspek Menulis Melalui Penulisan Surat pribadi sesuai Ejaan yang Disempurnakan. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 123-131. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/2549
Section
Articles

References

Abdurrahman. M , 1999 . Pendidikan bagi anak berkualitas belajar, Jakarta, Rineka Cipta
Ali M, 1990. Kamus Lengkap Bahasa Indonesia Modern, Jakarta, Pustaka Amani
Angkawijaya, 1991, Cermat Menulis Surat, Surabaya, Arena Ilmu
Arifia, 1991, Ejaan Bahasa Indonesia Yang Disempurnakan, Jakarta, Depdiknas
Habeyb, 1983, Kamus Populer, Centia, Jakarta
Arikunto S, 1998, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik, Jakarta, Rineka Cipta
Depdikbud, 1999, Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta, Depdikbud
Ditjen Dikdasmen, 1993, Kurikulum Pendidikan dasar, GBPP 1994, Jakarta, Depdikbud
Husain A, 1994, Bahasa Indonesia Dalam Surat, Jakarta, Gramedia
Rismanu, 1994, Membina Kemampuan Berbahasa, Jakarta, Gramedia Pustaka Utama
Rifai,MA, 1995, Pegangan Gaya Penulisan, Penyuntingan dan Penerbitan Karya Ilmiah Indonesia,
Jakarta, Gajah Mada University Press Kerjasama dengan Direktorat Pembinaan Penelitian dan pengabdian Masyarakat Ditjen Dikti
Surakhmat, W, 1994, Pengantar Penelitian Ilmiah, Bandung, Tarsito
Warda, 1998, Penggunaan EYD Surat-surat keluarga Kantor Perindustrian Provinsi Sulawesi Selatan Skripsi, Ujung Pandang, UNHAS
Tito, MA. 2000, Dasar-dasar Statistik, Ujung Pandang, UNM
Depdikbud, Kurikulum Standar Kompetensi 2004