Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pedagogi Guru: Kajian Pustaka

Main Article Content

Bachtiar Bachtiar

Abstract

Meningkatkan sistim pengajaran dalam pendidikan merupakan isu krusial, terutama dalam era globalisasi. Pendekatan pedagogi tradisional dalam pengajaran dan pembelajaran melibatkan aliran informasi yang terarah dari guru sebagai pusat informasi kepada siswa sebagai penerima informasi. Pendekatan tersebut secara khusus didasarkan pada materi pembelajaran yang ditentukan sebelumnya, durasi waktu yang tetap, serta tugas dan kriteria penilaian yang ditentukan oleh guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) yang tepat dapat mengkatalisasi perubahan paradigmatik baik dalam konten maupun pedagogi yang merupakan jantung reformasi pendidikan di abad ke-21, dan mempromosikan pembelajaran berbasis masalah. Tulisan ini memberikan gambaran tentang cara-cara mengajar tradisional dan beberapa keterbatasannya. Tulisan ini juga membahas cara-cara pengajaran kekinian yang dimungkinkan oleh penggunaan TIK. Berbagai pendekatan yang ditemukan dalam penggunaan TIK dalam Pendidikan disajikan.

Article Details

How to Cite
Bachtiar, B. (2020). Pengintegrasian Teknologi Informasi dan Komunikasi dan Dampaknya terhadap Pedagogi Guru: Kajian Pustaka. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(2), 132-146. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/3024
Section
Articles