HUBUNGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN REGULASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA

Main Article Content

Mutmainnah Mutmainnah

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan kemampuan berpikir kritis dan regulasi diri siswa dengan hasil belajar IPA serta menguji hubungan kemampuan berpikir kritis dan regulasi diri siswa dengan hasil belajar IPA pada siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang tahun ajaran 2019. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang sebanyak 430 siswayang terdiri dari 7 sekolah. Subjek dalam penelitian sebanyak 140 siswa. 30 siswa digunakan sebagai uji coba sedangkan 110 orang digunakan sebagai sampel. Strategi pengambilan sampel menggunakan metode purposive yaitu metode pengambilan sampel dengan cara menetapkan subjek sesuai dengan tujuan penelitiani. Dari hasil penelitian ditemukan bahwa terdapat hunungan kemampuan berfikir kritis dan regulasi diri dalam meningkat hasil belajar IPA siswa SD kelas III di gugus I Kecamatan Enrekang Kelurahan Galonta Kabupaten Enrekang

Article Details

How to Cite
Mutmainnah, M. (2019). HUBUNGAN KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS DAN REGULASI DIRI DENGAN HASIL BELAJAR IPA. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 27-34. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/309
Section
Articles

References

Ahmadi, H. Abu dan Widodo Supriyono, Psikologi Belajar. Cet. I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1991
Akhwan, Muzhaffar. dalam Muslih USA dan Aden Wijdan SZ (ed), Pendidikan Islam dalam Peradaban Industrial. Yogyakarta : Aditya, 1997.
Arifin, H. M. Pokok-pokok Pikiran tentang Bibingan dan Penyuluhan Agama; di Sekolah dan di Luar Sekolah. Jakarta: PT. Bulan Bintang, 1976
Arifin, H.M dan Etty Kartikawati, Materi Pokok Bimbingan dan Konseling (Cet. II; Jakarta: Ditjen Pembinaan Kelembagaan Agama Islam, 1992
Arikunto, Suharsimi. Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi. Cet. I, Jakarta : Rineka Cipta, 1990 .
. Pengelolaan Kelas dan Siswa Sebuah Pendekatan Evaluatif. Cet. II, Jakarta: Rajawali Pers, 1990.
. Prosedur Penelitian; Suatu Pendekatan Praktek. Cet. IX; Jakarta: Renika Cipta, 1993.
Ashaf, Ali. Horison Baru penddikan Islam. Jakarta; Pustaka Firdaus, 1989.
Bastama, Hanna Djumhana. Integrasi Psikologi dengan Islam. Cet. I; Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 1995.
Djamarah, Saiful Bahri. Prestasi Belajar dan Kompetensi Guru. Cet. I; Surabaya: Usaha Nasional, 1994.
. 1996. Strategi Belajar Mengajar. Cet.I; Jakarta: PT. Rineka Cipta, 1996 .
Djumhur dan Mohammad Surya, Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah. Bandung: CV. Ilmu, 1975.
Fadjar, A. Malik. Madrasah dan Tantangan Modernitas. Cet I; Bogor : Mizan, 1998.
Getteng, H. Abd. Rahman. “Staregi Penerapan Pendidikan Islam dalam Lingkungan Rumah Tangga”, Lentera Akademika, Edisi III. Makassar: Fakultas Tarbiyah IAIN Alauddin, 2001.
Hadi, Sutrisno. Metodologi Research. Cet. XX; Yogyakarta: Audiofser, 1987.
Langgulung, Hasan. Azas-Azas Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Pustaka Al-Husna, 1992.
Mappanganro, H. “Peranan Pendidikan Islam dalam Pembentukan Manusia Indonesia Seutuhnya”, Warta Alauddin, No. 72, Oktober 1995.
Marimba, Ahmad D. Pengantar Filsafat Pendidikan Islam. Cet. VIII: Bandung: PT. Al-Ma’arif, 1989.
Muhaimin dan abdul Mujib, Pemikiran Pendidikan Islam. Bandung : Trigenda Karya, 1993.
Partowisastro, H. Koestoer. Bimbingan dan Penyuluhan di Sekolah-sekolah. Jakarta: Erlangga, 1983.
Ramayulis, Ilmu Pendidikan Islam. Cet. I; Jakarta: Kalam Mulia, 1994 .
Roestiyah, N.K.. Strategi Belajar Mengajar. Cet: III, Jakarta, Bina Aksara, 1991.
Saridjo, Marwan. Bunga Rampai Pendidikan Islam. Cet. II; Jakarta: Amissco, 1996.
Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Bina Aksara, 1986.
Sudirman A.M, Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press, 2000
Sujana, Metode Statistik. Cet. I; Bandung: Tarsito, 1984.
Sukardi, Dewa Ketut. Organisasi Administrasi Bimbungan dan Konseling di Sekolah. Surabaya: Usaha Nasional, 1983.
Surakhmad, Winardo. Pengantar Interaksi Mengajar Belajar, Dasar dan Teknik Metodologi Pengajaranya. Bandung: Tarsito, 1990.
Syah, Muhibbin. Psikologi Belajar. Cet. II; Jakarta: PT. RajaGrafindo, 2003.
Tim Fokusmedia, Undang-undang RI No. 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Cet. I; Bandung: Fokusmedia, 2003.
Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa Departemen Pendidikan dan Kebudayaan, Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi II; Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka, 1991.
Wlodkowski, Raymond J dan Judith H. Jaynes. Eager to Learn, diterjemahkan oleh M. Chairul Annam dengan judul, Motivasi Belajar. Jakarta: Cerdas Pustaka. 2004