STARATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE

Main Article Content

Nurbadra Nurbadra

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi meningkatkan self confidence pada anak  melalui bimbingan layanan kelompok dari keluarga. Dengan pembinaan yang baik, maka besar kemungkinan anak-anak tersebut, akan sukses di dalam mengikuti pelajaran di lembaga pendidikan formal (sekolah).Peranan penting dalam upaya keberhasilan seorang siswa mengikuti pelajaran di sekolah. Hasil temuan bahwa anak sangat membutuhkan suri teladan, dan pertama kali ia mendapatkan suri teladan adalah di lingkungan keluarganya yang didominasi oleh orang tua, yakni ibu dan ayah. Namun, ibu yang paling berperan terhadapnya di banding ayahnya terutama pada tahun pertamanya. Dikatakan demikian karena ibu lebih banyak bergaul dengan anak, selain itu naluri ibu lebih dekat dengan anak dibandingkan ayah.


 

Article Details

How to Cite
Nurbadra, N. (2019). STARATEGI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DALAM MENINGKATKAN SELF CONFIDENCE. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 1(1), 60-78. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/312
Section
Articles

References

Ahmadi, Abu dan Nur Uhbiyati. 1991. Ilmu Pendidikan. Cet I; Jakarta: PT Rineka Cipta
Daradjat, Zakiah. 1978. Ilmu Jiwa Agama. Jakarta: Bulan Bintang, Cet. VI
Dodson, F. 1991. Mendisiplinkan Anak dengan Kasih Sayang. Terjemahan Hadisubrata. Jakarta: Gunung Agung.
Durkeim, Emile. 1990. Moral Education, diterjemahkan oleh Lukas Ginting dengan judul, Pendidikan Moral; Suatu Teori dan Aplikasi Sosiologi. Jakarta: Erlangga.
Eskarya, H., & Elihami, E. (2019). THE INSTITUTIONAL ROLE OF FARMER GROUPS TO DEVELOP THE PRODUCTION OF COCOA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 81-87.
Elihami, E., & Suparman, S. (2019). IMPROVING THE SKILLS OF CHILDREN MOZAIK THROUGH MERONCE IN MEDINA. JURNAL EDUKASI NONFORMAL, 1(1), 29-32.
Elihami, E., & Saharuddin, A. (2017). PERAN TEKNOLOGI PEMBELAJARAN ISLAM DALAM ORGANISASI BELAJAR. Edumaspul-Jurnal Pendidikan, 1(1), 1-8.
Elihami, E., & Syarif, I. (2017, November). LEADERSHIP MANAGEMENT AND EDUCATION PLANNING: DEVELOPING THE ENTREPRENEURSHIP TRAINING OF ISLAMIC EDUCATION. In INTERNATIONAL CONFERENCE ON EDUCATION (Vol. 1, No. 01).

Grisanti, M.E. 1990. Seni Mendisiplinkan Diri Anak. Jakarta: Mitra Utama, 1990.
Jalaluddin, Psikologi Agama. Cet.I; Jakarta: Grafindo Persada, 1996
Munandar, Utami. 2000, “Menanamkan Disiplin dan Memberi Hukuman pada Anak” dalam JurnalPendidikan dan Psilkologi; Wacana. Jakarta: Yayasan Kalimah. No. II Vol. 1
Sardiman, A.M. 2000. Interaksi Motivasi Belajar dan Mengajar. Jakarta: PT. RajaGrafindo Persada.
Sidi, Idra Jaya. 2003. Menggagas Paradigma Baru Dunia Pendidikan. Jakarta: Paramadina.
Sochib, Moh. 1998. Pola Orang Tua Asuh. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Suharsono. 2003. “Kreatifitas Memacu Percaya diri Anak”, dalam Majalah Sabili. No. 25, Th. X, JumadilASwal 1424
Taher, Mursal. A. dkk. 1997. Kamus Ilmu Jiwa dan Pendidikan. Bandung: PT. Al-Ma’arif, Cet. I.
Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1991. Kamus Besar Bahasa Indonesia, edisi II; Cet. I; Jakarta: Balai Pustaka
Wisnubrata Lieke Juniati. 1992. Peran Pengasuhan Orang Tua dalam Pengembangan Motif Prososial Remaja. Bandung: Universitas Padjajaran.