Pengaruh Orang Tua Bekerja Dan Motivasi Siswa Terhadap Kemampuan Membaca Pada Siswa SD
Main Article Content
Abstract
Abstract: This research uses descriptive qualitative method. This study aims to determine the effect of working parents and student motivation on the reading ability of elementary school students. The scope of the research is the environment around the researcher by taking the research subject of 5 students who have differences in terms of working parents. Where parents have the most important role in students' reading abilities, and this is followed by motivation from within students. Parents are expected to have a high awareness of parenting in children and more intensive guidance for children so that even though the difference between working or uncertain parents has an influence, it does not rule out the possibility of a solution to overcome this. has talent that should be able to appear, but because of the inaccuracy of the child in obtaining a motivation so that there are many talents and the potential of the child is not developed. According to Sartain, the general definition of motivation is a complex statement in an organism that provides direction for behavior towards a goal or goal. It is this goal that determines the behavior.
Abstrak: Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh orang tua bekerja dan motivasi siswa terhadap kemampuan membaca siswa Sekolah Dasar. Adapun ruang lingkup penelitian yaitu lingkungan sekitar peneliti dengan mengambil subjek penelitian 5 siswa yang memiliki perbedaan dari segi orang tua bekerja. Di mana orang tua yang memiliki peranan terpenting terhadap kemampuan membaca siswa, dan disusul adanya motivasi dari dalam diri siswa. Orang tua diharapkan memiliki kesadaran yang tinggi terhadap pola asuh pada anak dan bimbingan yang lebih intensif pada anak sehingga meskipun perbedaan antara orang tua yang bekerja atau tidak pastinya memiliki pengaruh, namun tidak menutup kemungkinan adanya suatu jalan solutif untuk mengatasi hal tersebut.Banyak anak yang sebenarnya memiliki bakat yang seharusnya dapat muncul, namun karena ketidaktepatan anak tersebut dalam memperoleh suatu motivasi sehingga banyak bakat dan tidak berkembangnya potensi anak. Menurut Sartain, definisi motivasi secara general ialah suatu penyataan kompleks pada suatu organisme yang memberikan arahan terhadap tingkah laku pada suatu goal atau tujuan. Tujuan inilah yang menentukannya tingkah laku itu.
Article Details
References
Aditya, R. (2021, September). Jenis Metode Penelitian, Selain Kualitatif Dan Kuantitatif. Https://Www.Suara.Com/Tekno/2021/09/07/200712/Jenis-Metode-Penelitian-Selain-Kualitatif-Dan-Kuantitatif.
Ajeng Teni Nur Afriliani, O. S. (2016). Keterlibatan Orang Tua Dalam Mengembangkan . Edukid, Vol. 13, Nomor 2.
Fitria, A. D. (2019). Peranan Orang Tua Dalam Mengembangkan Membaca. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Kartika, Esther. 2004. Memacu Minat Membaca Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Penabur - No.03 / Th.III / Desember 2004. Hal. 113-128
Kemdikbud. 2019. Hasil Indonesian National Assessment Programme. Https://Pusmenjar.Kemdikbud.Go.Id/Inap-Sd/
Masyhud, M. S. 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jember: Pengembangan Manajemen Dan Profesi Kependidikan (LPMPK).
Munandar, Utami. (1990). Mengembangkan Bakat Dan Keterampilan Anak Sekolah. Jakarta: PT. Gramedia.
Ngalim, M. (2017). Psikologi Pendidikan. Bandung: Pt Remaja Rosdakarya.
Suharso dan Ana. 2005. Kamus Besar Bahasa Indonesia. Ed Lux. Semarang: CV. Widya Karya
Sumantri, Made & Dewa Nyoman Sudana, I. B. Eka Yoni Adnyana P.2017. “Penerapan Media Gambar Dan Kartu Huruf Untuk Meningkatkan Keterampilan Membaca Permulaan”. International Journal Of Elementary Education. Vol.1 (1) Pp. 1-10
Tampubolon. (1993). Mengembangkan Mina Dan Kebiasaan Membaca Pada Anak. Bandung: Agkasa