Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK 1 Enrekang

Main Article Content

Handayani Sura’
Mulyadi Mulyadi
Warda Abdul Halim

Abstract

Abstract: The problem in this study is whether there is an effect of career guidance on the work readiness of students majoring in accounting at SMK 1 Enrekang. The purpose of this research is to determine the effect of career guidance on the job readiness of students majoring in accounting at SMK 1 Enrekang. This type of research is quantitative research. By taking samples using random sampling. The method used in sampling is a questionnaire and documentation. The population is 140 students majoring in accounting for the 2019-2020 school year. Then the sample was taken as many as 81 students, who had low readiness for work. Then to measure respondents' answers, using a Likert scale for all variables. The dependent variable (Y) in this study is job readiness. While the independent variables include career guidance (X). The results obtained indicate that there is an influence of career guidance on the work readiness of students majoring in accounting at SMK 1 Enrekang, work readiness, only 6.7% or 7 are ready to work in their field of expertise. 32.69% or 34 students said they were ready to work. 38.6% or 40 students stated that they were not ready, 13.46% said they were not ready, and the remaining 8.65% stated that they were not ready to work.


Abstrak: Parmasalahan dalam penelitian ini adalah apakah ada pengaruh bimbingan karier terhadap kesiapan kerja siswa jurusan akuntansi di SMK 1 Enrekang. Tujuan dari penenlitian ini untuk mengetahui pengaruh antara bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa jurusan akuntansi di SMK 1 Enrekang. Jenis penelitian yaitu penelitian kuantitatif. Dengan pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode yang digunakan dalam pengambilan sampel adalah angket dan dokumentasi. Populasinya sebanyak 140 siswa jurusan akuntansi tahun ajaran 2019-2020. Lalu sampel diambil sebanyak 81 siswa, yang memiliki kesiapan untuk kerja rendah. Kemudian untuk mengukur jawaban responden, dengan menggunakan skala likert untuk keseluruhan variabel. Variabel dependen (Y) dalam penelitian ini adalah kesiapan kerja. Sedangkan varibel independennya meliputi bimbingan karir (X). Hasil yang didapatkan menunjukkan terdapat pengaruh bimbingan karir terhadap kesiapan kerja siswa jurusan akuntansi di SMK 1 Enrekang, kesiapan kerja, hanya 6,7% atau 7 yang siap bekerja pada bidang keahliannya. 32,69% atau 34 siswa yang mengatakan dirinya siap untuk bekerja. 38,6% atau 40 siswa menyatakan dirinya kurang siap, sebesar 13,46% menyatakan dirinya tidak siap, dan sisanya sebesar 8,65% menyatakan sangat tidak siap untuk dapat bekerja.

Article Details

How to Cite
Sura’, H., Mulyadi, M., & Halim, W. (2022). Pengaruh Bimbingan Karir Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Jurusan Akuntansi Di SMK 1 Enrekang. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 66-71. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i1.3911
Section
Articles

References

Ali, M. (2005). Penelitian Kependidikan Prosedur Strategi. Bandung: Angkasa.
Arikunto, S. (2002). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Depdikbud (2007). Pembangunan Pendidikan dan Kebudayaan Menjelang Abad 21. Jakarta: Departemen Pendidikan dan Kebudayaan.
Depdiknas.(2000). Panduan Manajemen Sekolah. Jakarta: Direktorat Sekolah Lanjutan Tingkat Pertama
Nashruddin,N.(2019). Teknik Belajar Untuk Meningkatkan Kemampuan Berkomunikasi Dalam Bahasa Inggris Bagi Mahasiswa Non Jurusan Bahasa Inggris. Scolae: Journal of Pedagogy, 2(1), 184-190.
Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 17 Tahun 2010 tentang Pengelolaan dan Penyelenggaraan Pendidikan.
Prayitno. (2000). Pengawasan Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta.
Prayitno. (2008). Mandiri Belajar Statistical Product dan Sevice Solution Untuk Analisis Statistik dan uji Statistik. MediaCom Jakarta: MediaCom.
Prayitno, & Amti, E. (2009). Dasar-dasar Bimbingan dan Konseling. Jakarta: Rineka Cipta. Purwanto, M. N. (2003). Prinsip-prinsip dan Teknik Evaluasi Pengajaran. Bandung: Remadja Karya CU.
Suherman, Uman. 2019. Konseling Karir Sepanjang Rentang Kehidupan. Bandung: UPI.
Surya, M. (2008). Bimbingan untuk Mempersiapkan Generasi Muda Memasuki Abad21. Pidato Pengukuhan Guru Besar. IKIP Bandung, Bandung.
Tiro, A. (2002). Statistika Dasar. Makassar: Andira Publisher.
Undang-undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional
Walgito, Bimo. 2010. Bimbingan & Konseling (Studi & Karir). Yogyakarta: Andi Offset.
Wingkel, & Hastuti. (2005). Bimbingan dan Konseling di Institusi Pendidikan. Yokyakarta: AndiOffset.