Pendekatan Bimbingan Islami Pada Remaja Sebagai Upaya Pemulihan Trauma Pasca Gempa Di Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene

Main Article Content

Yusran Sahodding
Handayani Sura’
Mutmainnah Mutmainnah

Abstract

Abstract: This study focuses on the Islamic guidance approach in trauma recovery in adolescents after the earthquake in Kabiraan Village, Ulumanda District, Majene Regency. In general, this research was conducted because there were teenagers who were indicated to have experienced post-disaster trauma, namely an earthquake. This research is aimed at nothing but how to recover from trauma with an Islamic guidance approach. This research uses the phenomenological method, which is a qualitative methodology that allows researchers to apply and apply their subjectivity and interpersonal skills in the exploratory research process.


 Abstrak: Penelitian ini berfokus pada pendekatan bimbingan Islami dalam pemulihan trauma pada remaja pasca gempa bumi di Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. Secara umum, penelitian ini dilakukan karena adanya remaja yang terindikasi mengalami trauma pasca musibah yaitu gempa bumi. Penelitian ini bertujuan tak lain untuk bagaimana memulihkan trauma dengan pendekatan bimbingan Islami. Dalam penelitian ini menggunakan metode penomenologi yaitu sebuah metodologi kualitatif yang mengizinkan peneliti menerapkan dan mengaplikasikan kemampuan subjektivitas dan interpersonalnya dalam proses penelitian eksploratori.

Article Details

How to Cite
Sahodding, Y., Sura’, H., & Mutmainnah, M. (2022). Pendekatan Bimbingan Islami Pada Remaja Sebagai Upaya Pemulihan Trauma Pasca Gempa Di Desa Kabiraan Kecamatan Ulumanda Kabupaten Majene. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 72-84. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i1.3912
Section
Articles

References

Achmanto, M. (2010). Strategi Penyembuhan Trauma untuk Diri Sendiri, Anak, dan Orang Lain di Sekitar Anda. Yogyakarta.
Al-Qurthubi. (2007). tafsir Al-Qurthubi, Terjemahan Fathurrahman, Ahmad Hotib. Jakarta: Puataka Azam.
Aswadi. (2009). Iyadah dan Ta'ziyah Perspektif Bimbingan Konseling Islam.
Surabaya: Dakwah Dugital Press. hal. 28-31
Elfi, M., & Rifai, H. (2012). Bimbingan Konseling Islam. Jakarta: Bumi Aksara.
Fatri, H. (2013). Hubungan Kontrol Sosial Orang Tua selaku Predikator Perilaku Seks Pernikahan Remaja Kelurahan Batang Arau Kecamatan Padang Selatan. Jurnal Spektrum PLS. 1. (2) 1-14, 1-14.
Febriani, D. (2013). Bimbingan Konseling. Yogyakarta: Teras.
Hadi, A., Laras, P. B., & Aryani, E. (2020). Peran Layanan Bimbingan Konseling Islam dalam Pendidikan Karakter. 13 - 18.
Hadi, R., & Abd., S. (2013). Bimbingan Dan Konseling Islam Dalam Menangani Trauma Seorang Siswa Pasca Penganiayaan Di Sccc (Surabaya Children Crisis Centre). Vol. 03, No. 02, 2013, 163-183.
Hawari, D. (2012). Menejemen Stres Cemas dan Depresi. Jakarta: FKUI.
Indri, N. L. (2019). Layanan Bimbingan Konseling melalui Pendekatan Agamauntuk Mengatasi Kenakalan Remaja. Volume 7, Nomor 1, 2019, 19-40, 19-40.
Jalaluddin, D. P. (2010). Psikologi Agama. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Latif, U. (2019, Juni). Metode Pemulihan Trauma Bencana Gempa Melalui Pendekatan Bimbingan Islami Di Desa Teumanah Kecamatan Trienggadeng Kabupaten Pidie Jaya. Vol. 2 No. 1 Januari-Juni 2019 (http://jurnal.ar-raniry.ac.id/index.php/Taujih), 73-89.
Lia, R. (2018). Psikoterapi Islam dan Dalam Pendidikan Karakter ( Studi
Pemikiran Hamdani Bakran Adz- Dzakiey dalam Buku Konseling dan Psikologi Islam). 1- 85.
Lubis, A. S. (2007). Konseling Islami Kyai dan Pesantren. Yogyakarta: elSAQ Press.
Maleong, L. (2007). Metodologi Penelitian Kaulitatif (Edisi Revisi ed.). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Nisa’, S. M. (2016). Peran Bimbingan Konseling Islam Dalam Mengatasi Kenakalan Siswa (Student Delinquency) Di Ma Miftahul Huda Tayu-PatI. 1-96.
Rahim, A. F. (2004). Bimbingan dan Konseling Islam. Jogjakarta: UII Press.
Safaria, T. d. (2012). Menejemen Emosi: Sebuah Panduan Cerdas Bagaimana Mengelolah Emosi Positif dalam Hidup Anda. Jakarta: PT Bumi Aksara.
Sarwono, S. W. (2012). Psikologi Remaja Edisi Revisi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.
Sugiono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.