Keefektifan Teknik Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Di Depan Kelas

Main Article Content

Yuspa Kurnia
Handayani Sura’
Ismail Ismail

Abstract

Abstract: This study aims to reduce the level of students when speaking in front of the class or in public, in this study using quantitative methods with the type of experimental research. The results of the test antiety of students speaking in front of the eleventh grade can decrease after being given or participating in group counseling activities. Based on the score of the questionnaire before the pretest, the average value was 111,08 and after the post-test, the students’ speaking anxiety decreased with the questionnaire score obtained an average value of 82,81. Thus it can be concluded that the application of group counseling can reduce the level of anxiety of students speaking in front of the class. This means that the more treatment is given in the form of group counseling, it is followed by a reduced level of anxiety in students speaking in front of the class.


 Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengurangi tingkat kecemasan siswa saat berbicara di depan kelas maupun di depan umum. Dalam penelitian tersebut menggunakan metode kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Hasil uji coba kecemasan siswa berbicara di depan kelas XI dapat menurun setelah diberikan atau mengikuti kegiatan konseling kelompok. Berdasarkan skor angket sebelum pretest diperoleh nilai rata-rata sebesar 111,08 dan setelah postest kecemasan berbicara siswa mengalami penurunan dengan skor angket diperoleh nilai rata-rata 82,81. Dengan demikian dapat di simpulkan bahwa penerapan konseling kelompok dapat mengurangi tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas. Artinya semakin di berikan perlakuan berupa konseling kelompok, maka di ikuti dengan berkurangnya tingkat kecemasan siswa berbicara di depan kelas.

Article Details

How to Cite
Kurnia, Y., Sura’, H., & Ismail, I. (2022). Keefektifan Teknik Konseling Kelompok Untuk Mengurangi Kecemasan Siswa Berbicara Di Depan Kelas. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(1), 85-93. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i1.3913
Section
Articles

References

Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Astriyanti. (2005). Hubungan Antara Konsep Diri Dengan Kecemasan Komunikasi Antar Pribadi Remaja. Skripsi. Makassar: Fakultas Psikologi UNM.
Corey, G. (2005). Teori dan Praktek dari Konseling & Psikoterapi. (Terjemahan, Mudiarto). Semarang: IKIP Semarang Press
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.
Elfiky, (2009). Terapi berpikir positif. Jakarta: Zaman
Fausiah, F & Widuri, J. (2005). Psikologi Abnormal (Klinis Dewasa). Jakarta: UI Press
Gunawan, A.W. & Setyono, S. (2007). Manage Your Mind For Success. Jakarta: PT Gramedia Pustaka
Hadi, Sutrisno. (2004). Statistic, jilid 1 dan 2. Yogyakarta: Andi Offset
Handayaningrat, S. (2004). Pengantar Studi Administrasi dan Manajemen, Yogyakarta: Gajah Mada Universitas Press.
Mardalis. (2004). Metode Penelitian Suatu Pendekatan Proposal. Jakarta: bumi aksara.
Mcleod, J. (2006). Pengantar Konseling: Teori dan Studi Kasus Edisi Ketiga (Terjemahan, Anwar, A.K). Jakarta: Kencana Prenada Media Group
Prasetya. (2005). Hubungan Antara Pola Pikir Dengan Kecemasan Berbicara Di Depan Umum Pada Mahasiswa Fakultas Keguruan. Jurnal Psikologi ,Vol. 1, No. 2, 17-20.
Rahayu, I.T., Ardani, T.A. dan Sulistyaningsih. (2004). Hubungan Pola Pikir Positif Dengan Kecemasan Berbicara di Depan Umum. Jurnal Psikologi UNDIP,Vol. 1, No. 2, 131-134.
Riyandari, Lina . (2006). Bimbingan Dan Strategi Peningkatan Keterampilan Berbicara Pembelajaran Bahasa Indonesia Pada Ssiwa Sekolah Dasar; (Online),Vol.1.No.1.(http://digilib.unnes.ac.id/gsdl/cgibin/library.com/Akses 27.September.2014/jam.19.00)
Santrock, J.W. (2007). Psikologi Pendidikan Edisi Kedua. (terjemahan, Tri wibowo, B.S.) Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Setiadarma, Monty & waruwo, E. (2003). Mendidik Kecerdasan. Jakarta : Pustaka Populer
Sistem Pendidikan Nasional. (2003). Udang-undang Republik Indonesia Nomor 20. Jakarta.
Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta
Tiro, Arif. (2004). Dasar-dasar Statistik. Ujung Pandang: UNM
Webster R, (2005). Visualisasi Kreatif. Jakarta: ”PT. Buana Ilmu Populer”