Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD

Main Article Content

Unik Kurniawati

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian pustaka yang dilakukan dengan metode dokumentasi yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana peran yang dilakukan orang tua yang dapat memengaruhi kemampuan membaca siswa di tingkat sekolah dasar kelas 2. Yang menjadi subjek dalam penelitian ini adalah siswa dan orang tua siswa. Perkembangan kemampuan membaca siswa tidak lepas dari peran orang tua. Dimana orang tua merupakan salah satu faktor yang sangat berpengaruh bagi perkembangan siswa terutama dalam hal ini adalah kemampuan membaca. Siswa memiliki kemampuan membaca yang baik dan memadai jika mendapatkan motivasi dan dorongan dari orang tua. Ketika siswa memiliki peluang untuk berkembang, memiliki antusias yang tinggi dalam belajar, namun karena kurangnya dukungan dari orang tua akan menyebabkan kurang berkembangnya kemampuan siswa, terutama dalam hal membaca. Karena membaca merupakan jendela dunia, diharapkan orang tua mampu memberikan dukungan untuk mereka berkembang dengan baik.

Article Details

How to Cite
Kurniawati, U. (2020). Peran Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 SD. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 40-49. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/408
Section
Articles

References

Andayani, M. (2014). Upaya Orang Tua Bekerja dalam Mengembangkan Kemampuan Membaca pada Anak Kelas 1 Sekolah Dasar (Doctoral Dissertation, Universitas Muhammadiyah Surakarta).
Kusumawaty, D., Sakti, H. I., Fatahilah, M. R., Tyas, N. W., Hardiansyah, R., & Naziha, S. A. (2020, January). Analisis Kemampuan Membaca Permulaan Siswa dan Pemahaman Cerita Fabel di Kelas 2 Sdn Tanjung Mekar I. In Proceedings (Vol. 1, No. 2).
Mardhatillah, M., & Trisdania, E. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Siswa Di Sd Kelas II Negeri Paya Peunaga Kecamatan Meureubo. Bina Gogik: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 5(1).
Maufur, S., & Puadah, A. (2015). Pengaruh Bimbingan Orang Tua Terhadap Kemampuan Membaca Siswa Kelas Rendah di SD Negeri Cimohong 02 Kecamatan Bulakamba Kabupaten Breb. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru Mi, 2(1).

Nafiah, A. C. (2016). Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Melalui Metode Scramble Kalimat Siswa Kelas II Sdn 1 Sedayu. Basic Education, 5(24), 2-289.
Pernando, E. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca dan Menulis bagi Anak di Desa Kota Padang Kecamatan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan (Doctoral Dissertation, Iain Bengkulu).
Rahmat, P. S., & Heryani, T. (2014). Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca dan Penguasaan Kosakata. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 8(1), 101-110.
Saputri, E. Y., Sundari, R. S., & Arifin, Z. (2019, October). Analisis Kemampuan Membaca Siswa Kelas II C Sekolah Dasar Negeri Gisikdrono 02 Semarang. In Seminar Pendidikan Nasional (Vol. 1, No. 1, Pp. 67-77).
Wulansari, N. (2010). Hubungan antara Dukungan Orang Tua dalam Belajar Membaca dengan Kemampuan Membaca Siswa Kelas 2 Sdn Bakti Jaya 3 Depok.
Yarmi, G., & Widyastuti, R. (2014). Meningkatkan Kemampuan Membaca melalui Permainan Komputer pada Siswa Kelas I di SDN Kalibata 03 Pagi Jakarta Timur.