Peran Kepemimpinan Transformasional dan Organisasi Pembelajaran terhadap Kapasitas Inovasi Sekolah

Main Article Content

Masduki Asbari
Agus Purwanto
Miyv Fayzhall
Fransisca Sestri Goestjahjanti
Winanti Winanti
Teguh Yuwono
Dhaniel Dhaniel Hutagalung
Sucipto Basuki
Siti Maesaroh
Mustofa Mustofa
Gusli Chidir
Ahmad Yani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh kepemimpinan transformasional, budaya pembelajaran dan struktur organisasi terhadap kapasitas inovasi sekolah. Pengumpulan data dilakukan secara simple random sampling melalui elektronik pada populasi guru sekolah swasta di Indonesia. Hasil kuesioner yang kembali dan yang valid adalah 429 responden sebagai sampel. Pengolahan data menggunakan metode SEM dengan software SmartPLS 3.0. Hasil dari penelitian ini adalah kepemimpinan transformasional, budaya pembelajaran dan struktur organisasi sekolah berpengaruh positif dan signifikan terhadap kapastas inovasi sekolah. Kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap budaya pembelajaran dan struktur organisasi sekolah. Novelty penelitian ini adalah mengajukan model membangun kapasitas inovasi sekolah melalui kepemimpinan transformasional dalam perspektif organisasi pembelajaran. Penelitian ini bisa membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan dunia pendidikan di Indonesia, khususnya sekolah swasta untuk menghadapi revolusi industri 4.0.

Article Details

How to Cite
Asbari, M., Purwanto, A., Fayzhall, M., Goestjahjanti, F., Winanti, W., Yuwono, T., Dhaniel Hutagalung, D., Basuki, S., Maesaroh, S., Mustofa, M., Chidir, G., & Yani, A. (2020). Peran Kepemimpinan Transformasional dan Organisasi Pembelajaran terhadap Kapasitas Inovasi Sekolah. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 122-145. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/421
Section
Articles