Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Mamuju Sulawesi Barat

Main Article Content

Eka Alwiah Haseng

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memuat materi dan tata cara belajar berdasarkan kearifan lokal Sulawesi Barat. Pelaksanaan penelitian pada tahun 2018 dengan jenis penelitian adalah Penelitian dan Pengembangan (R&D) dengan memodifikasi model Borg & Gall. Modul disusun berdasarkan modifikasi struktur penyusunan modul oleh Direktorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan, Departemen Pendidikan Nasional. Instrumen pengumpulan data adalah lembar need assesment, validasi modul, validasi RPP, validasi LKS, observasi aktivitas siswa, respon siswa, tes belajar siswa. Analisis data yang digunakan adalah pengujian kevalidan modul, analisis proses, uji normalitas, dan paired samples test, dan kepraktisan modul. Hasil penelitian menunjukkan bahwa modul dinyatakan valid. Efektif berdasarkan hasil tes belajar pada latihan 1 sangat baik, hasil tes belajar pada latihan 2 diperoleh cukup baik, baik, dan sangat baik, hasil tes kompetensi diperoleh baik dan sangat baik, dan praktis. Jadi, modul Ragam Paragraf Eksposisi dalam Bingkai Budaya Mala’bi’ dinyatakan valid, efektif, dan praktis digunakan pada pembelajaran bahasa Indonesia dalam paragraf eksposisi pada kelas X SMA Negeri 1 Mamuju Sulawesi Barat.

Article Details

How to Cite
Haseng, E. (2020). Pengembangan Modul Bahasa Indonesia Kelas X SMA Negeri 1 Mamuju Sulawesi Barat. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 160-170. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/429
Section
Articles

References

1) Amri, Sofan & Ahmadi, Khoiru Iif. 2010. Konstruksi Pengembangan Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pustaka.

2) Direktorat Tenaga Kependidikan, Diretorat Jenderal Peningkatan Mutu Pendidik dan Tenaga Kependidikan. 2008. Penulisan Modul. Jakarta: Depdiknas.

3) Djumingin, Sulastriningsih. R. Vivi & Bakhtiar. 2014. Penilaian Pembelajaran Bahasa dan Sastra Indonesia, Teori dan Penerapannya. Makassar: Badan Penerbit UNM.

4) Putra, Nusa. 2015. Research and Development, Penelitian dan Pengembangan: Suatu Pengantar. Jakarta: Rajawali.

5) Samsu, Khairunnisa. 2015. “Pengembangan Modul Bimbingan Kesehatan Reproduksi untuk Mengurangi Sikap Siswa Terhadap Seks Bebas di SMP Negeri 12 Kendari”. Tidak Diterbitkan. Makassar: Perpustakaan Program Pascasarjana UNM Makassar.

6) Saprillah, Idham. 2011. Malaqbiq Identitas Orang Mandar. Surakarta: Zadahanivapublishing.

7) Setyosari, Punaji. 2013. Metode Penelitian dan Pengembangan. Jakarta: Kencana Prenadamedia Group.

8) Tenri, Ulfi, Batari . 2015. “Pengembangan Bahan Ajar Bahasa Indonesia Berbasis Cerita Rakyat Peserta Didik Kelas III Sekolah Dasar di Kabupaten Gowa”. Tidak Diterbitkan. Makassar: Perpusatakaan Program Pascasarjana UNM Makassar.

9) Wena, Made. 2014. Strategi Pembelajaran Inovatif Kontemporer. Jakarta: Bumi Aksara.