Pengaruh Strategi Multiple Intelegences Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Sekolah Dasar Kelas IV SDI Anagowa

Main Article Content

Hardiyanti Riberu
Abdul Azis
Idawati Idawati

Abstract

Pengaruh Strategi Multiple Intelegences Hasil Belajar IPS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh multiple intelligences strategi terhadap keterampilan proses dan hasil belajar peserta didik.Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif,desain penelitian yang digunakan adalah (non-equivalent control group).Kelas eksperimen yang menggunakan perlakuan dengan menggunakan strategi multiple intelligences,satu kelas hanya menggunakan strategi pendekatan konvensional.  Data hasil penelitian yang diperoleh hasil belajar dengan menggunakan strategi multiple intelligences yang ini ditunjukkan untuk kelas eksperimen  dengan nilai (1.42 ≤ 1.75) dan kelas kontrol  1.81 ≤ 2.14)). Jadi ada pengaruh multiple intelligences strategi hasil belajar peserta didik di buktikan dengan nilai peserta didik yang meningkat. Hal ini ditunjukan dari nilai rata-rata siswa yang diterapkan strategi pembelajaran tersebut. Dari hasil pengujian hipotesis juga menunjukan bahwa strategi Multiple Intelegences mempunyai pengaruh dengan diterimanya Hₐ > Hₒ yang menunjukan angka sebesar 2,995 > 2,060, sehingga dapat dikatakan Hₒ ditolak dan Hₐ diterima. Dengan demikian penerapan strategi Multiple Intelegences dianggap berhasil dalam meningkatkan keterampilan proses dan hasil belajar IPS siswa. Untuk itu strategi Multiple Intelegences mampu memberikan pengaruh terhadap keterampilan proses dan hasil belajar bagi siswa sehingga model ini dapat digunakan guru dalam kegiatan PBM (Proses  Belajar Mengajar) atau pembelajaran guna menciptakan suasana pembelajaran yang baru.

Article Details

How to Cite
Riberu, H., Azis, A., & Idawati, I. (2020). Pengaruh Strategi Multiple Intelegences Terhadap Hasil Belajar IPS Murid Sekolah Dasar Kelas IV SDI Anagowa. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 246-255. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/447
Section
Articles

References

Aini, Jannatu. (2013). Penerapan Strategi Pembelajaran Berbasis Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips. Skripsi.
Alamsyah, Said (2015) 95 Strategi Mengajar Multiple Intelegence. Jakarta: PT Kharisma Putra Utama
Arifin. 2011. Metode Penelitian Kualitatif, Kuantitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta
Arifuddin, Arwini. (2012). Peningkatan Kemampuan Berbicara Siswa Kelas XII SMK Negeri 8 Makassar Menggunakan Strategi Multiple Intelegences. Jurnal.
Aryani.Dwi.A. (2014). Model Pembelajaran Berdasarkan Teori Multiple Intelegences yang Dominan dalam Kelas pada Materi Tekanan. Jurnal
Dimyati&Mudjiyono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: RinekaCipta
Djamarah,Syaiful Bahri. (2010) Strategi Belajar Mengajar.Jakarta: Rieneka Cipta
Firdaus. (2016). Penerapan Strategi Multiple Intelegences dalam Meningkatkan Minat Belajar Peserta didik. Skripsi
Hamzah B Uno dan MasriKuadrat.(2009). MengelolaKecerdasan dan Pembelajaran. Gorontalo: BumiAksara
Jasmine.J (2007). MengajarBerbasis Multiple Intelligences. Bandung:Nuansa
Legowo,Edi. (2017). Model Pembelajaran Berbasis penstimulasian Multiple Intelegences siswa. Jurnal
Mulyono, Tj. 1980: 8 Pengembangan Pendidikan IPS SD. Dirjen Dikti Depdiknas