Transformational versus Transactional Leadership: Manakah yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Guru?

Main Article Content

Miyv Fayzhall
Agus Purwanto
Masduki Asbari
Francisca Sestri Goestjahjanti
Winanti Winanti
Teguh Yuwono
Fatrilia Rasyi Radita
Nurasiah Nurasiah
Yayah Yulia
Yoyok Cahyono
Popong Suryani

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengukur pengaruh gaya kepemimpinan kepala sekolah (transformational atautransactional)terhadap kepuasan kerja guru sekolah swasta di Jabodetabek yang dimediasi oleh persepsi kerja guru. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner kuantitatif dengan pengambilan sampel acak sederhana melalui elektronik ke populasi guru di Jabodetabek. Hasil kuesioner yang dikembalikan dan valid adalah 277 sampel.Pemrosesan data menggunakan metode SEM dengan perangkat lunak SmartPLS 3.0. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan transformasional berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi persepsi kerja guru. Sedangkan kepemimpinan transaksional tidak berpengaruh signifikan terhadap kepuasan guru, baik secara langsung maupun tidak langsung melalui mediasi persepsi kerja guru. Penelitian baru ini mengusulkan sebuah model untuk membangun kepuasan kerja guru sekolah di Jabodetabek melalui peningkatan kemampuan kepemimpinan transformasional kepala sekolah dengan persepsi kerja guru sebagai mediator. Implikasi penelitian dibahas dalam kaitannya dengan pengawas dan kepala sekolah,serta pembuat kebijakan di tingkat pemerintah.Penelitian ini dapat membuka jalan untuk meningkatkan kesiapan guru dalam menghadapi era pendidikan 4.0.

Article Details

How to Cite
Fayzhall, M., Purwanto, A., Asbari, M., Goestjahjanti, F., Winanti, W., Yuwono, T., Radita, F., Nurasiah, N., Yulia, Y., Cahyono, Y., & Suryani, P. (2020). Transformational versus Transactional Leadership: Manakah yang Mempengaruhi Kepuasan Kerja Guru?. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 256-275. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/463
Section
Articles