Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 3 Bae Kudus

Main Article Content

Lina Handayani
Sukirman Sukirman

Abstract

Kepala sekolah mempunyai peran ganda, salah satunya adalah sebagai supervisor untuk melakukan pengawasan. Namun ada kalanya karena tumpang tindih pekerjaan mengakibatkan tugas sebagai supervisor tidak dilakukan dengan maksimal dan kontribusi kepala sekolah dipertanyakan karena adanya tugas yang sama yakni supervisi yang dilakukan oleh pengawas. Adanya fenomena tersebut maka dirumuskan permasalahan bagaimana kontribusi supervisi kepala sekolah dalam hal peningkatan kualitas pembelajaran. Adapun tujuan dilakukan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan dan menganalisa kontribusi yang dilakukan oleh kepala sekolah khususnya dalam hal supervisi yang telah dilakukan pula oleh pengawas. Metode penelitian yang dilakukan adalah dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Penelitian dilakukan dengan survey pada 39 responden. Hasil penelitian, kepala sekolah memberikan kontribusi yang cukup kuat pada upaya peningkatan kualitas pembelajaran. Hal ini dapat dibuktikan dengan nilai persentase sebesar 59%. Peran kepala sekolah diwujudkan dengan menjalankan fungsi-fungsi supervisi akademis pada sekolah untuk dapat memacu peningkatan Standar Nasional Pendidikan, namun peran tersebut masih disandingkan dengan peran lain sehingga peran sebagai supervisor belum jelas dilaksanakan dengan detail. Kesimpulan pada penelitian ini adalah kepala sekolah berkontribusi pada peningkatan kualitas pembelajaran dan kepala sekolah berhasil menjalankan peran dengan baik.


 

Article Details

How to Cite
Handayani, L., & Sukirman, S. (2020). Kontribusi Supervisi Kepala Sekolah pada Peningkatan Kualitas Pembelajaran di SMP 3 Bae Kudus. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 297-310. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/479
Section
Articles