Efektifitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kalosi

Main Article Content

Husnul Khatimah
Muhammad Junaedi Mahyuddin
Handayani Sura

Abstract

Abstract: This research is motivated by the lack of motivation to learn in class VII students, especially class VII A in MTs. Muhammadiyah kalosi. The reduced motivation to study for class VII A at MTs.Muhammadiyah kalosi is caused by the large number of students in class VII A who cannot manage their study schedule at home, more students do assignments or homework at school and students are often not punctual in collecting assignments. The purpose of this study was to determine an increase in learning motivation in class VII students.  MTs.Muhammadiyah kalosi before and after being given information services or treatment by researchers. In this study, quantitative methods were used and the data collection method used in this study was a questionnaire (questionnaire) technique with 23 students in class VII A as respondents at MTs Muhammadiyah Kalosi. The results obtained from this study are tcount = -6.474 and t table= 4.33. The results before information services were provided to students were as follows: 9 students or 39% were in the high category, 11 students or 48% in the medium category, 1 or 4% of students in the low category and 2 or 9% in the very low category. As for the increase in learning motivation in class VII A students, it can be seen through the T test that has been carried out and obtained as follows tcount tcount > table (-6,474 > 4.33) or can be known through the results of Sig 000 > 0.05 so that it can be concluded that H0 is rejected and Ha is accepted.


 


Abstrak: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya motivasi belajar pada peserta didik kelas VII A di MTs Muhammadiyah kalosi. Berkurangnya motivasi belajar kelas VII A di MTs Muhammadiyah kalosi disebabkan karna bayaknya peserta didik kelas VII A tidak dapat mengatur jadwal belajar dirumah, lebih banyak peserta didik yang mengerjakan tugas atau PR disekolah dan peserta didik juga sering tidak tepat waktu dalam mengumpulkan tugas. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas VII A MTs Muhammadiyah kalosi sebelum dan sesudah diberikan layanan informasi atau perlakuan oleh peneliti. Dalam penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dan cara pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik kusioner (angket) dengan responden 23 peserta didik kelas VII A di MTs Muhammadiyah kalosi. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah thitung= -6,474 dan t table= 4,33. Adapun hasil sebelum layanan informasi diberikan kepada peserta didik sebagai berikut: 9 peserta didik atau 39% berada pada kategori tinggi, 11peserta didik atau 48% pada kategori sedang, 1 atau 4% peserta didik pada kategori rendah dan 2 atau 9% pada kategori sangat rendah. Adapun juga peningkatan motivasi belajar pada peserta didik kelas VII A dapat diketahui melalui uji T yang sudah dilakukan dan di peroleh sebagai berikut t hitung > ttable  (-6,474 > 4,33) atau dapat diketahui melalui hasil Sig 000 > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa H0 ditolak dan Ha diterimah.

Article Details

How to Cite
Khatimah, H., Mahyuddin, M., & Sura, H. (2022). Efektifitas Layanan Informasi Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik Kelas VII MTs. Muhammadiyah Kalosi. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 4(2), 148-153. https://doi.org/10.33487/edupsycouns.v4i2.4792
Section
Articles

References

Arikunto,S. i(2010). iProsedur iPenelitian iSuatu iPendekantan iEdisi iPraktik. iJakarta: iPT.Rineka iCipta.
Alex iSobour i(2003). iPsikologi iUmum iDalam iLintasan iSejarah. iBandung: iCV iPustaka iSetia
Arikunto.S. i(2017). iPengembangan iInstrumen iPenelitian idan iPenilaian iProgram. iYogyakarta: Pustaka iPelajar.
Asis iDarma i i(2019) iberjudul i“ Hubungan iLayanan iInformasi idengan iMotivasi iBelajar iPada iSiswa idi iSMA iTri iDarma iGorontalo
Budi iPurwanto i(2008). iOrganisasi idan iManegemen iBimbingan idan iKonseling. iSurabaya: iUnesa iUniversity iPress.
Djarwanto. i(1994). iPokok- ipokok iMetode iRiset idan iBimbingan iTeknik iPenulisan iSkripsi. iYogyakarta: iLiberty.
Djamarah. i(2002). iStrategi iBelajar iMangajar. iJakarta: iRineka iCipta.
Ghozali. i(2018). iAplikasi iAnalisis iMultivariate iDengan iIBM iSPSS.Semarang: iBadan iPenerbit iUniversitas iDi iPonerogo.
Ita iDwita iLestari. i(2019). i“Upaya iMeningkatkan iMotivasi iBelajar iPeserta ididik iMelalui iLayanan iInformasi iDi iSMK iNegeri i6 iSukoharjo”. iJurnal iEducation iand iEcimini.No.01.(Januari-Maret) i2020.
Makmur i(2012). iPengertian iDari iKata iMotivasi. iJakarta: iBumi iAksara
Makmur i(2015). iPengertian iPembelajaran idan iBelajar. iJakarta: iBumi iAksara
Purwanto. iM.Ngalima. i(2007). iPsikologi iPendidikan. iBandung: iPT iRemaja iRosdakarya.
Prayitno. i(2004). iDasar-Dasar iBimbingan idan iKonseling. iJakarta: iRineka iCipta
Prayitno idan iErman iAnmi.(2008). iDasar-Dasar iBimbingan idan iKonseling. iJakarta: iPT. iRinika iCipta.
Rifai idan iAnmi i(2011). iPsikologis iPendidikan. iSemarang: iUNNES iPress.
Sardiman. iA.M. i(2011). iInteraksi idan iMotivasi iBelajar iMengajar. iPT iRaja iGrafindo: iJakarta
Sugiyono. i(2015). iMetode iPenelitian iTindakan iKomperehensir. iBandung : iAlfabeta