Peningkatan Kompetensi Pedagogik Guru dalam Menyusun Rencana Pembelajaran melalui Supervisi Akademik Kepala Sekolah: Studi Kasus di SMP 3 Bae Kudus
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Penelitian ini merupakan penelitian tindakan sekolah dengan subyek guru-guru di SMP 3 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus tahun pelajaran 2018/2019 yang berjumlah 34 orang. Penelitian ini terdiri dari dua siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, evaluasi, dan tindak lanjut. Waktu penelitian selama 4 bulan yaitu Oktober-November 2018 dan Februari-Maret 2019 . Teknik pengumpulan data menggunakan teknik obeservasi, interview dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik deskriptif kualitatif terhadap RPP buatan guru. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa dengan supervisi akademik tersebut kompetensi pedagogik guru dalam menyusun RPP mengalami peningkatan dari kondisi siklus I dan siklus II. Peningkatan tersebut ditunjukkan data kualitas RPP guru sebagai berikut: kondisi siklus I: kurang: tidak ada (0%), sedang: 26 orang (76%), baik: 8 orang ( 75%); Siklus II: kurang: tidak ada (0 %), sedang: 6 orang (18 %) dan baik: 28 orang (82%). Jadi disimpulkan bahwa Supervisi akademik dapat meningkatkan kompetensi pedagogik guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran bagi guru di SMP 3 Bae Kecamatan Bae Kabupaten Kudus.