Upaya Peningkatan Keterampilan Pengelolaan Kelas Melalui Supervisi Klinis pada Guru Kelas IV, V dan VI di SD Negeri Dengkek Pati
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah melalui supervisi klinis dapat meningkatkan keterampilan mengelola kelas pada guru kelas IV, V, dan VI di SD Negeri Dengkek 01pada semester ITahun Pelajaran 2019/2020.Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tehnik observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian adalah peningkatan baik dalam pengerjaan administrasi kelas maupun dalam proses pembelajaran. Hal ini terlihat dari hasil supervisi yang dilakukan bahwa pada kondisi awal menunjukkan administrasi guru kelas IV, V, dan VI belum dikerjakan, baru absensi yang sudah dikerjakan. Sedangkan pengorganisasian kelas, ketertiban, serta keantusiasan peserta didik sangat rendah. Guru juga belum menggunakan alat peraga, layanan/bimbingan individu belum dilakukan. Disamping itu, guru belum menggunakan pertanyaan tingkat tinggi yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Pada siklus I administrasi kelas sudah dikerjakan dan guru kelihatan agak percaya diri, proses pembelajaran tidak begitu kaku. Peserta didik kelihatan tertib dan lebih antusias dalam mengikuti pelajaran. Sedangkan pada siklus II, baik guru kelas IV, V, dan VI administrasi kelas sudah dikerjakan dengan rapi, dan proses pembelajaran berjalan lebih hidup, guru lebih enjoy tidak tegang. Guru sudah menggunakan pertanyaan tingkat tinggi yang disesuaikan dengan kemampuan peserta didik. Peserta didik tidak terganggu dengan keberadaan peneliti didalam kelasnya.Dengan ukuran kuantitasguru kelas IV ada kenaikan sebesar 25,7 % yaitu 70 menjadi 88. Untuk guru kelas V ada kenaikan sebesar 22,9% yaitu 74 menjadi 91. Sedangkan untuk guru kelasVI ada kenaikan sebesar 19,1% yaitu 73 menjadi 87. Secara umum guru kelas IV, V, dan VI keterampilan mengelola kelas berhasil ada peningkatan yang signifikan. Administrasi dikerjakan dengan baik dan proses pembelajaran lebih aktif, kreatif dan menyenangkan.