Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik

Main Article Content

Septi Nurjanah
Nurilatul Rahma Yahdiyani
Sri Wahyuni

Abstract

Pendidikan agama Islam memainkan peran penting dalam membina dan membentuk karakter seseorang. Salah satu tujuan dari pendidikan agama Islam adalah untuk membentuk individu yang memiliki karakter mulia sehingga mereka dapat meningkatkan iman dan pengabdian mereka kepada Allah SWT. Untuk mencapai tujuan tersebut, dalam mengajar para pendidik harus menggunakan metode pembelajaran yang sesuai dengan perkembangan siswa agar materi yang disampaikan dapat diterima dengan baik sehingga siswa mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui macam-macam metode pembelajaran dan mengetahui metode pembelajaran akidah akhlak yang tepat dalam meningkatkan pemahaman dan karakter siswa karena metode yang diterapkan dalam proses pembelajaran berperan dalam meningkatkan kualitas pembelajaran dan hal itu akan mempengaruhi pemahaman dan karakter siswa. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah studi literatur dan referensi yang digunakan dalam bentuk buku, jurnal, artikel dan karya ilmiah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode pembelajaran akidah akhlak yang tepat dalam meningkatkan pemahaman dan karakter siswa adalah metode pembiasaan, metode keteladanan, metode tutor sebaya, dan metode Team Quiz.

Article Details

How to Cite
Nurjanah, S., Yahdiyani, N., & Wahyuni, S. (2020). Analisis Metode Pembelajaran Akidah Akhlak dalam Meningkatkan Pemahaman dan Karakter Peserta Didik. EduPsyCouns: Journal of Education, Psychology and Counseling, 2(1), 366 - 377. Retrieved from https://ummaspul.e-journal.id/Edupsycouns/article/view/496
Section
Articles

References

Aisyah, Siti. (2012). Perkembangan Peserta Didik Dan Bimbingan Belajar. Yogyakarta: Deepublish.
Darmadi, H, 175. Pengembangan Model, Metode Pembelajaran Dalam Dinamika Belajar Siswa.Yogyakarta: Deepublish.
Hawi, Akmal, (2014). Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Rajawali Press.
Hermawan, Iwan, (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif & Mixed Methode. Kuningan : Hidayatul Quran Kuningan.
Izzan, dkk, (2016). Hadits Pendidikan Konsep Pendidikan Berbasis Hadits. Bandung: Perpustakaan Nasional KDT.
Khoirul Azhar Dan Izzah Sa’idah, (2017). Studi Analisis Upaya Guru Akidah Akhlak Dalam Mengembangkan Potensi Nilai Moral Peserta Didik Di Mi Kabupaten Demak. Jurnal Ta’dib, Vol.10 No. Lefudin, (2014). Belajar Dan Pembelajaran Dilengkapi Dengan Metode Pembelajaran, Strategi Pembelajaran, Pendekatan Pembelajaran, Dan Metode Pembelajaran (Yogyakarta : Deepublish.
Maesaroh, Siti, (2013). Peranan Metode Pembelajaran Terhadap Minat dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam, Jurnal Kependidikan, Vol. 1 No. 1
Nasution, Mardiah Kulsum, (2017).Penggunaan Metode Pembelajaran Dalam Peningkatan Hasil Belajar Siswa . Banten : Studia Didaktika.
Panjaitan, Dedy Juliandri, (2016). Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dengan Metode Pembelajaran Langsung, Vol 1, No. 1
Sulastri ,Eti, (2019). 9 Aplikasi Metode Pembelajaran. Cibubur : Guepedia Publisher.
Subahri Subahri, (2015). Aktualisasi Dalam Pendidikan , ISLAMUNA; Jurnal Studi Islam Vol. 2, no 2.
Wahyudi, Dedi , (2017). Pengantar Akidah Akhlak Dan Pembelajarannya, cet. 1. Panggungharjo: Lintang Rasi Aksara Books.
Wulandari, Yessi , Agus Wahyuni dkk, (2017). Efektifitas Metode Pembelajaran Aktif Tipe Team Quiz Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Pesawat Sederhana. Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Fisika. Vol. 2 No.2, 202-206
Yaljan, Miqdad, (2003). Kecerdasan Moral; Pendidikan Moral yang Terlupakan, terj. Tulus Musthofa. Sleman: Pustaka Fahima.
Yanda, Misda , (2017). Metode Pembelajaran Aqidah Akhlak dan Kaitannya Terhadap Karakter Siswa di Mas Babun Najah Ulee Kareng, Skripsi Studi Program S-1 , Fakultas Tarbiyah dan Keguruan (FTK), Universitas Islam Negeri Ar-Raniri Darussalam, Banda Aceh.